Untuk sebuah taman minimalis yang biasanya berada di lahan sempit, tak semua tanaman dan ornamen pantas diletakkan di sana. ”Salah memilih, lahan yang sudah sempit akan terlihat semakin sempit,” 

Untuk membuat taman minimalis, ada beberapa karakteristik yang perlu diperhatikan. Bangunan gaya minimalis umumnya bertingkat dengan bentuk kotak atau geometris. Bentuk ini menyembulkan kesan tegas dan kaku. Dengan kehadiran taman diharapkan bisa mengurangi kesan kaku tersebut.

Taman minimalis sebaiknya menonjolkan aksen natural dengan material yang tidak terlalu banyak, terutama jika bangunan rumah memiliki jendela ukuran besar. Selain itu, menurut Arwindrasti, aspek kesehatan dan kenyamanan penghuni rumah sangat perlu diperhatikan ketika membuat taman minimalis. Anda harus tahu,hunian minimalis yang sempit sangat membutuhkan pasokan oksigen. Nah, kebutuhan oksigen bisa diperoleh dari proses fotosintesis tanaman hijau. Karena itu, perbanyak tanaman hijau di taman minimalis. Oksigen bisa juga diperoleh dari unsur air. Karena itu, menghadirkan kolam plus air terjun atau pancuran, merupakan langkah yang tepat.

Di mana sebaiknya taman minimalis berada? Sangat fleksibel. Anda bisa menempatkannya di bagian depan, belakang, pojok, samping, bahkan di dalam rumah. Jika menyukai unsur air, Anda bisa menempatkan taman minimalis bertema taman air di bagian depan rumah.

Jika taman berada di bagian belakang rumah, buatlah desain yang lebih sederhana. Hindari bentuk-bentuk yang menyerupai gunung, karena akan menumbuhkan kesan sempit. Jika ingin menghadirkan rumput, sebaiknya pilih yang berdaun kecil dan halus seperti rumput peking.

Lain halnya untuk taman minimalis yang hadir di dalam rumah. Tanaman yang pas untuk taman di dalam rumah adalah keluarga palem-paleman. Tanaman berdaun hijau dengan sedikit semburat kuning, Dracena fragrans, juga layak Anda pilih.

Sebenarnya, banyak jenis tanaman yang cocok menghuni taman minimalis. ”Yang penting, mudah dipelihara, berwarna hijau, serta harganya murah meriah,”. Beberapa di antaranya, yakni :
  • Caladium linium
  • Calathea majestic yang memiliki daun berwarna hijau segar
  • Yang liyu, yang kerap menghiasi area tepi kolam.
Untuk jenis tanaman berbunga, Anda juga punya banyak pilihan. Sebut saja misalnya, kembang merak, alamanda, terompet, melati, dan kemuning. Tak saja indah, bunga kemuning yang mungil namun wangi bisa sekaligus mengharumkan taman Anda. Bahkan, jika ditanam di dekat carport, bunga ini bisa berfungsi sebagai pembatas atau pagar. Masih ada pilihan lain? Tentu saja. Tanaman sri rejeki, bahkan Anthurium, pas juga untuk taman minimalis Anda.

Tak hanya tanaman hias. Tanaman buah pun bisa Anda tampilkan pada jenis taman yang satu ini. Sebaiknya, pilih pohon bersosok ramping dan tumbuhnya vertikal. Contohnya, pohon ceremai, srikaya, dan delima. Tanaman menjulang seperti glodok tiang atau cemara lilin bisa juga menjadi penghias taman.


Super minimalis
Saat ini, tak sedikit hunian yang berada di lahan super minimalis. Alhasil, lahan yang tersisa untuk taman pun sangat terbatas, sekitar 1X2 meter. dengan harga yang semakin meroket lahan super minimalis pun masih bisa disiasati sehingga taman impian Anda terwujud. Bagaimana caranya? Cobalah menata tanaman dalam beberapa pot. Anthurium, asparagus, Begonia, dan bunga lili bisa mengisi pot-pot itu. Tidak sulit, bukan? Berbekal tips di atas, mudah-mudahan taman Anda tampil maksimal meski berada di lahan minimal.

Poskan Komentar Blogger

  1. Salam kenal ya...seneng sekali sy ketemu blog anda bs menyalurkan hobby saya utak atik desain rumah...

    BalasHapus
  2. makasih gan dah kasih info dan juga gambaran buat taman

    BalasHapus
  3. wah pas banget ni..ane br mw bikin rumah..
    tqs om..

    BalasHapus
  4. salam kenal ya.. saya arsitek lanskap..senang membaca artikel ini..kalo boleh saya share ya.. trims

    BalasHapus
  5. @studiod..
    terimakasih kunjungannya...!
    silakan. semoga bermanfaat...!
    salam persahabatan...!

    BalasHapus
  6. Menambah asri rumah. pemanfaatan sedikit ruang untuk taman memang perlu, setidaknya rumah terlihat lebih asri

    BalasHapus
  7. makasi gan..bagus ne buat refrensi..

    BalasHapus
  8. wis mantap sekali nih informasinya, ane langsung ikuti deh tips nya, makasih banyak nih buat infonya

    BalasHapus
  9. keren juga nih ionformasinya, sangat bermanfaat sekali nih gan, makasih banyak ya gan

    BalasHapus
  10. untuk tanaman yg ok nmor 2 tuh,,
    sangat minimalis dan sejuk tuh di lihat nya

    BalasHapus
  11. keren juga tuh ikan,,

    gmna sih masang nya?

    tanaman'y minimaliis juga apalagi nmor 1..

    sangat keren + indah

    BalasHapus
  12. wah menarik sekli nih macam" taman rumah minimalis. pha lg gmbar yg no.2 saya ska sekli...

    BalasHapus
  13. This house is beautiful. The “secret” doors are great and also the fireplace. The house is really great for holiday retreat or for just relaxing from a hard week or month.

    BalasHapus
  14. wis penataan taman rumah nya bagus sekali tuh gan, makasih banyak yah buat infonya, semoga bermanfaat gan

    BalasHapus
  15. nice taman nya..very us Beautiful...
    thx y dah share...greetings Good luck always

    BalasHapus
  16. siip... bener bangt tu....
    keliatannya juga lebih asri...
    makasih y atas tips'y...
    salam dahsyat

    BalasHapus
  17. ok juga nih minimalis nya gan, sangat bermanfaat sekali nih kalo di tiru

    BalasHapus
  18. mksih bnyak atas ide-idenyaa..
    pas bgt rumah saya halamannya sempit

    BalasHapus
  19. keren bgt nih taman rumahnya, emz jadi pengent punya tamn rumah sprti itu

    BalasHapus
  20. suwun lho mas tips-tipsnya tar aku praktekin di rumah.

    BalasHapus
  21. pas sekali kebetulan aku hobi nanam bunga,lumayan tambah ilmu.

    BalasHapus
  22. kalo saya suka taman yg ada pohon besarnya dan lapang.....

    BalasHapus
  23. Seeep,,, makasih atas sharenya Mas,, kalau gak ada taman kaku bgt rumah,, hehehe..
    Salam dari Taman Tropis Minimalis :)

    BalasHapus

 
Top