Tips Membuat BLog yang Menarik dan Berkualitas bagi Pemula


ring
Menjadi seorang Blogger bukanlah sesuatu yang sulit dan menakutkan, pada awalnya mungkin bagi yang belum pernah akan sedikit mengalami kesulitan karena banyaknya hal hal lain selain menulis yang harus diketahui mulai dari template, widget, advertise, promosi, dll yang mau tidak mau akan selalu menjadi bagian dari blog itu sendiri.

Pada kesempatan ini saya mencoba menulis bagaimana cara Membuat BLog yang Menarik dan Berkualitas bagi Pemula, sebenarnya ini lebih dari pengalaman pribadi saya yang baru menjadi blogger sejak kurang lebih pertengahan tahun 2009, saya sendiri tidak tahu apakah saya sudah layak disebut blogger atau belum. tapi yang terpenting adalah kita harus terus belajar dan belajar.

Berikut Hal - hal mendasar yang perlu dilakukan :
  1. Kamu harus punya Email, kalau belum punya bisa daftar disini Google Mail 
  2. Daftarkan untuk mulai, yang paling banyak dipakai adalah Blogger.com dan WordPress.com, ikuti langkah langkah yang ada. ( mengenai detail pendaftaran dan cara posting akan dibahas pada kesempatan yang lain )
  3. Pilihlah template bagi blog kamu, disarankan untuk memilih template default yang sudah disediakan.
  4. Sebelum kamu mulai untuk Posting, hal yang harus kamu lakukan adalah memilih Tema ( judul ) yang akan kamu angkat bagi blog kamu, contohnya : tema budaya, memasak, flora dan fauna, personal, arsitektur, bisnis on line, dan hal hal lain yang sesuai dengan keinginan kamu.
  5.  Pemilihan Tema menjadi sangat penting karena blog yang bagus adalah blog dengan karakter dan Identitas yang jelas, kalau tema yang kamu angkat terlalu luas dan banyak akan membuat blog kamu menjadi tidak jelas dan bisa dikatakan tidak punya karekter dan identitas yang jelas.
  6. Untuk membuat blog menjadi multi informatif kamu bisa menentukan beberapa sub-tema yang menjadi bagian dari blog dengan tetap menonjolkan Tema Utama yang ada.
  7. Jadikanlah blog kamu menjadi blog yang informatif dalam pengertian mudah diaskes, dengan pengaturan posting dan menu yang tidak rumit sehingga bagi pembaca yang mengunjungi blog kamu menjadi betah.
  8. Jadikanlah blog kamu menjadi blog yang interaktif dalam pengertian memberi kemudahan bagi pengunjung untuk ikut berpartisipasi dengan komentar atau saran.
  9. Berilah tempat layak bagi Blogger yang lain untuk meramaikan blog kamu dengan media Link Exchage, karena untuk mempromosikan blog kamu agar banyak pengunjung link Exchange merupakan cara yang mudah dan murah.
  10. Carilah template yang sesuai dengan selera dan karakter kamu, cukup banyak template yang bisa kamu pakai cukup melakukan search di komputer kamu ketik "template blog" kamu tinggal pilih dan download template yang kamu sukai.
  11. Rajinlah mengunjungi blog yang lain terutama yang sudah terkenal dan senior, kamu bisa mencari inspirasi untuk design blog kamu dengan melihat bagaimana cara pangaturan posting dan widget yang bagus.
  12. Pasanglah link di blog kamu ( media Link Exchage ) apabila kamu merasa bahwa blog tersebut bisa kamu jadikan refensi walaupun blogger yang bersangkutan tidak memasang link blog kamu.
  13. Jangan pernah takut untuk melakukan experiment ( bongkar pasang blog ), saya sendiri sudah berkali kali melakukan bongkar pasang bahkan sampai sekarang masih sering, yang terpenting jangan sampai terima bongkar tapi tidak bisa pasang.
  14. Dan yang utama adalah rajinlah posting agar blog kamu menjadi semakin berisi dan berkualitas.
 Nah itulah sedikit Tips untuk membuat blog yang bagus dan menarik, mungkin masih banyak Tips yang lain bisa kamu cari pada blog sahabat yang ada, yang terpenting jangan pernah berhenti untuk belajar.

Bagi yang punya saran yang lain bisa menulis pada kolom komentar, agar kita bisa saling berbagi satu sama lain, terimakasih sebelumnya...!!!

Happy blogging ...
sukses selalu buat kamu semua...!

About Mahdi e

- Berbagi itu indah -

15 comments:

  1. mengamankan yg pertamaxx dlu sob

    BalasHapus
  2. wah mantab sob tipsnya buat para sobat yg mau buat Blog

    BalasHapus
  3. Salam kenal,terima kasih infonya dan sangat berguna sekali buat saya yang masih pemula.Saya memang lagi bingung cari tema dan memasang widget.

    BalasHapus
  4. salam kenal sob tutorialmu bagus

    BalasHapus
  5. mantabssss, memberikan saya banyk inspirasi.....

    BalasHapus
  6. hehehe ... pengalamannya hampir sama,,, memang harus banyak "eksperimen". kalau terjadi error sedikit bisa minta bantuan blogger yang lebih senior. salam kenal.

    BalasHapus
  7. maju terus .....menulis dan menulis...

    BalasHapus
  8. tolong bimbing saya sob bikin blog saya jd interaktif...hehehe

    BalasHapus
  9. @sukses @ taufan..!
    makasih dah berkunjung...!
    yang penting belajar dan belajar..!
    jangan lupa berdoa...!

    BalasHapus
  10. saya uda bkin tpi kok daftar ke google adsense g diterima terus sich....????
    Ini Blogq: www.thedikhanbloging.co.cc

    BalasHapus
  11. @thr-di khan
    untuk blog pakai bhs indonesia google adsense memang sulit, coba bikin yang pakai bhs inggris..!
    atau coba lewat link ini

    http://www.indyarocks.com/register_step1.php?affliate=NTkxNTY0Mw==

    kamu bisa daftar lewat website ini, tapi untuk penempatan iklan adsense blognya tetap harus yang bhs inggris

    BalasHapus
  12. boleh juga.
    tapi bagaimana untuk menampilakn comment yg terbaru terletak pada bagian atas ?
    trims,...

    BalasHapus
  13. Konten Adalah Raja Dan Backlink Adalah Ratu... www.okartikel.com

    BalasHapus

Note :

Komentar yang mengandung usur pornografi / sara / kekerasan akan dihapus.
Terima kasih komentarnya...!
Semoga bermanfaat...!