Trend Arsitektur tahun 2010

Selama ini yang kita kenal adalah trend busana/fashion, baik bentuk warna maupun bahan yang dipakai, Apakah dalam dunia Arsitektur juga ada trend yang serupa ?


Trend adalah sesuatu yang sifatnya sementara dan hanya akan bertahan dalam satu masa tertentu, bahkan mungkin hanya merupakan dari trik marketing untuk membuat konsumen mengarah pada produk tertentu,

Dunia property juga tidak bisa lepas dari ikatan kepentingan bisnis dan adanya istilah trend arsitektur adalah salah satu contohnya, kalau kita analisa dengan adanya tren arsitektur, maka pengembang properti lebih mudah dan terarah dalam menjual produknya. Asal mengikuti trend maka propertinya pasti laku. Begitu pula dengan media arsitektur. Dengan membahas  trend arsitektur, maka medianya akan laku karena orang ingin tahu, seperti apa trend arsitektur itu, terlepas apakah makna yang disampaikan tentang trend itu benar atau keliru.

Misalnya, tren arsitektur minimalis yang masih hangat terdengar. 

Betulkah properti yang dijual dengan sebutan minimalis itu benar-benar minimalis? Ternyata lebih banyak yang keliru, walaupun ada juga pengembang properti yang memberikan pemahaman tentang minimalis dengan benar. Apa saja dapat dengan mudah disebut minimalis agar laku, walaupun sebetulnya sama sekali tidak minimalis. apalagi masyarakat memang bangga dan senang membeli properti yang sesuai dengan tren arsitektur yang ada agar tidak dianggap ketinggalan zaman.
  
Bagaimana dengan trend untuk tahun 2010 ? 
_______________________________________________________
Terjadinya issue "Pemanasan global" akhir akhir ini juga cukup berpengaruh terhadap trend dalam dunia arsitektur, Kecenderungan masyarakat yang meningkat dalam hal kesadaran dan menghargai lingkungan membuat issue ini masih dominan. Penggunaan material yang bersahabat dengan lingkungan, pemaksimalan tata udara dan taat cahaya alami, efisiensi ‘life-cost’ setelah bangunan berdiri serta pengurangan limbah dalam proses bertinggal menjadi sub issue yang berkenaan dengan issues tadi.

Dari sisi arsitek sebagai desainer, issue ini menjadi menarik, Arsitek dapat ‘bermain’ menggunakan material dan bentuk untuk mengakomodasi issue ini. Disamping itu kini berkembang keinginan dikalangan arsitek untuk menggunakan material yang sederhana akan tetapi memiliki muatan lokal (local content) yang lebih banyak. Istilah kembali ke alam akan menjadi tema yang cukup sentral untu beberapa waktu kedepan. 

Untuk warna di tahun 2010 ini akan lebih tertuju pada warna yang alami ( back to nature ), seperti warna abu muda, coklat pupus, hijau pupus, orange, kuning lime. Selain melambangkan alam, warna ini dapat dipakai sebagai warna dasar selain warna putih dan warna turunannya.  

Bagaimana dengan interior, interior bangunan akan lebih banyak menggunakan bahan bahan yang natural seperti bambu, kayu dengan design lama ( tradisional ).
_______________________________________________________ 

Trend bukanlah hal baku yang harus kita ikuti, Hal yang lebih penting yang kita lakukan selain membicarakan trend adalah membuat cek list kebutuhan yang ada dan juga disesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada sehingga dalam membangun rumah idaman kita tidak kecewa dikemudian harinya.

Komentar

  1. manatappp...saya juga pembuat bangunan2 stil bali mas ... salam kenal aja dari bali ... visit back yo

    BalasHapus
  2. saya mesit banyak belajar disini sebelum merencanakan untuk membuat desain rumah saya, hehehe

    BalasHapus
  3. hmm.. back tu nature ya... setuju deh..
    blognya sudah saya follow, klo berkenan follow balik y...
    tukeran link juga, linknya sudah saya pasang tapi masih nofollow, klo berkenan konfirm ya biar bisa dirubah jadi dofollow..
    silahkan cek pada huruf H...

    BalasHapus
  4. iya..akur deh, trend disesuaikan dengan keperluan saja, yang penting tidak meninggalkan jati diri...

    BalasHapus
  5. trend biasanya selalu mengikuti permintaan pasar, tapi lain dengan arsitek interior yang memiliki karakter sejarah dan budaya tersendiri. pokoke oke sobat...ikutan follow skalian exchange link sob. visit me back

    BalasHapus
  6. thx ya kibagus dah mau pasang link saya...

    BalasHapus
  7. yang penting disesuaikan dengan budget kita saja ya.....saya setuju. bolehlah nanti saya tanya tanya kalau ada rejeki mau bangun rumah minta di bikinin konsep dan disainnya. salam sob.

    BalasHapus
  8. iya mengulangi pada catatan kakinya :jadi disesuaikan dengan keperluan saja, jangan terlalu open minded.

    BalasHapus
  9. salam sahabat
    wah bagus ingin rasanya memiliki he..he..btw trend di tahun ini sangat menarik mas..thnxs ya..btw apa kabar?

    BalasHapus
  10. kunjungan rutin aja sambil menunggu postingan terbaru....

    BalasHapus
  11. salam kenal. trend arsitektur minimalis ini kira2 bisa bertahan lama gak boss. sy mau bangun rumah dan pilihan memang modern minimalis terutama di bagian eksterior dan interiornya.

    BalasHapus
  12. Anonim7/10/2010

    @drhyudi.. makasih commentnya..!
    sepertinya masih akan bertahan karena samapai saat ini belum ada alternatif lain..! kemungkinan nanti larinya akan kearah green house dan rumah hemat energi

    BalasHapus
  13. Menarik sekali isu yg dibahas mas. Saya sendiri juga pengemar desian minimalis dalm banyak hal. Tp bkn karena mengikuti trendnya. Tp lbh krn selera. Soalnya trend, spt mas tulis, itu mmg lbh byk kepentingan para pengembang utk membentuk pasar baru. Dan bgtlah seterusnya tanpa henti. Menurut saya, sesuai penutup tulisan ini, sptnya lbh baik kita kembali dan sesuaikan dg selera, kebutuhan dan kemampuan kita.

    BalasHapus

Posting Komentar

Note :
. Komentar yang mengandung usur pornografi / sara / kekerasan akan dihapus.
. Terima kasih komentarnya...
. Semoga Bermanfaat...

Berita terbaru

Postingan populer dari blog ini

Memahami Mutu Beton fc (Mpa) dan Mutu Beton K (kg/cm2)

Mengenal bagian kusen pintu dan jendela kayu

Menghitung Volume Besi per-m3 beton bertulang

Menentukan ukuran Tangga dan Anak Tangga untuk bangunan bertingkat