Konsep Dasar Konstruksi Kuda-Kuda sederhana untuk Rumah Tinggal

Konstruksi kuda-kuda ialah suatu susunan rangka batang yang berfungsi untuk mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri dan sekaligus dapat memberikan bentuk pada atapnya.
Kuda-kuda merupakan penyangga utama pada struktur atap. Struktur ini termasuk dalam klasifikasi struktur framework (truss). Umumnya kuda-kuda terbuat dari kayu, bambu, baja, dan beton bertulang.

Untuk lebih mengenal fungsi kuda kuda kita akan uraikan sebagai berikut :
Kuda2 berfungsi untuk menerima beban dari atap yaitu :
  • Air Hujan
  • Angin
  • Genteng
  • Reng Usuk dan list-plank
  • Plafon
  • dan beban dari kuda2 itu sendiri, adanya beban maka titik pertemuan kedua kaki kuda-kuda bagian atas (P) mengalami perubahan letak yaitu turun ke P’, sehingga kaki kuda-kuda menekan kedua tembok kearah samping. Bila tembok tidak kokoh maka tembok akan roboh.
Untuk mencegah agar kaki kuda-kuda tidak bergerak ke samping akibat tekanan beban dari atas perlu dipasang balok horisontal untuk menahan kedua ujung bawah balok kaki kuda-kuda yaitu berupa balok tarik.
Karena lebar bentangan menahan beban yang bekerja dan beban berat sendiri kuda-kuda, maka batang tarik AB akan melentur. Titik P bergerak turun ke titik P’, dengan adanya pelenturan, tembok seolah olah masuk ke dalam
Untuk mengatasi adanya penurunan pada batang tarik diujung atas kaki kuda-kuda dipasangi tiang dan ujung bawah tiang menggantung tengah-tengah batang tarik AB yang disebut tiang gantung.
Semakin besar beban yang bekerja dan bentangan yang semakin panjang, sehingga kaki kuda-kuda yang miring mengalami pelenturan. Dengan adanya pelenturan pada kaki kuda-kuda maka bidang atap akan kelihatan cekung kedalam, ini tidak boleh terjadi.
Untuk mencegah pelenturan pada kaki kuda-kuda perlu dipasangi batang sokong/skoor dimana ujung bawah skoor memancang pada bagian bawah tiang gantung ujung atas skoor menopang bagian tengah kuda-kuda. Dengan demikian pelenturan dapat dicegah.
Pada bangunan-bangunan yang berukuran besar, kemungkinan konstruksi kuda-kuda melentur pada bidangnya karena kurang begitu kaku. Untuk itu perlu diperkuat dengan dua batang kayu horisontal yang diletakkan kira-kira ditengah-tengah tinggi tiang gantung.
Untuk detail lengkap dari kuda kuda kayu bisa dilihat disini.
Konstruksi kuda kuda kayu untuk rumah tinggal sederhana


    Sumber :Teknik Konstruksi Bangunan Gedung ( A. G Tamrin )

    About Mahdi e

    - Berbagi itu indah -

    8 comments:

    1. salam sahabat
      ehm kayaknya njelimet hehehe good luck ya

      BalasHapus
    2. thanks ya.....blog ini memang membantu banget.....
      I LIKE IT.....
      Succes 4 U

      BalasHapus
    3. Wah lengkap banget,,disini aku bisa belajar banyak tentak pengetahuan design rumah nih, terima kasih banyak ya kawan.
      salam kenal.

      BalasHapus
    4. keren juga nih gan ,makasih gan buat infonya salam kenal aja gan

      BalasHapus
    5. Salam sahabat, mengenai desain gambar atau arsitek saya jadi ingat masa-masa dibangku kuliah dan memang tidak segampang yang kita liat bila kita mengukur dengan teliti dan toleransi hitungan pun benar-benar akurat, infonya bagus dan saya jadi banyak belajar dari anda, salam ukhuwah sahabat.

      BalasHapus
    6. Terima Kasih banyaakkk :)
      bisa membantuu dalam tugas pembuatan laporan praktek kayu kita ..

      BalasHapus
    7. Makasih infonya manambah wawasan saya. Ada sedikit komentar, saya lebih suka komentar mengunakan Name/URL, dan mungkin para blogger lebih menyukai itu daripada open account. Sorry ini hanya usul, mungin Anda tidak menggunakan itu ada alasan yang kuat. Terima kasih

      desain-rumah-sederhana.blogspot.com

      BalasHapus
    8. @enkus..!
      makasih kunjungannya..!
      usul yang menarik, untuk tempat komentar selain ini sudah disediakan pada kolom opini atau pada guestbook...!
      salam sukses...!

      BalasHapus

    Note :

    Komentar yang mengandung usur pornografi / sara / kekerasan akan dihapus.
    Terima kasih komentarnya...!
    Semoga bermanfaat...!