Design rumah tinggal dengan lahan sempit memanjang kebelakang

Membangun rumah dengan keterbatasan lahan memerlukan kejelian dan kehati hatian agar hasilnya bisa memenuhi kebutuhan yang diharapkan. ...

Membangun rumah dengan keterbatasan lahan memerlukan kejelian dan kehati hatian agar hasilnya bisa memenuhi kebutuhan yang diharapkan.
Lahan dengan kondisi sempit memanjang kebelakang contohnya 6 m x 25 m, perlu beberapa hal yang perlu diperhatikan ( khususnya apabila kiri kanan sudah terdapat bangunan ), yaitu :

Jenis ruang yang dibutuhkan ( minimal ).
  • Ruang tamu
  • Ruang keluarga
  • Ruang Makan
  • Kamar tidur
  • Dapur
  • KM/WC
Sistim pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup untuk semua ruangan.
  • Pemenuhan cahaya dan udara yang cukup sangat mempengaruhi kenyamanan sebuah rumah, tata ruang dan adanya penempatan ruang terbuka bisa menjadi alternatif yang baik untuk kebutuhan pada lahan sempit memanjang.
Contoh kasus sederhana :
  1. Penempatan ruang terbuka dibelakang garasi, dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan dan sirkulasi udara pada ruang keluarga kamar tidur
  2. Penempatan ruang terbuka pada bagian belakang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan dan sirkulasi udara pada dapur dan kamar tidur.
  3. Ruang  terbuka bisa merupakan taman samping dan belakang.
Ini adalah contoh kasus sederhana yang bisa dijadikan inspirasi dalam membangun rumah. ( untuk detail bisa dilakukan dengan banyak variasi design )

semoga bermanfaat..!
terima kasih..!

COMMENTS

BLOGGER: 8
  1. Rumah kecil ? kaya rumahku ki, bisa gak yah bikinin desain interior buat rumah mungil yg kayak gimana ? biar terasa lebih luas, yang minimalis gitu deh.... tolong bikin postingnya ya ki... hehe...

    BalasHapus
  2. makasih triz...!
    insya alloh...!

    BalasHapus
  3. memanjang kblakang yah??

    BalasHapus
  4. waduh mampir boz,,
    kalo' gini caranya bisa minta bantuan donk,besok law dah mo bikin rumah,,,,,
    heheeee,,, thanks bos infonya mantap....

    BalasHapus
  5. Anonim7/15/2010

    kamar mandinya di mana nehhh???

    BalasHapus
  6. Anonim7/15/2010

    @anonim.! thanks komentnya..! ( tapi siapa ya..? )
    untuk kamar mandi bisa menyatu dengan ruang keluarga atau pada dapur tergantung minat dan selera ( bisa dengan berbagai variasi design )

    BalasHapus
  7. tanah 90 mau bikin 3 kamar 1 kamar utama dengan kamar mandi didalam bisa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahdi w3/05/2015

      prinsipnya bisa tapi perlu penataan terkait luas ruang yg dibutuhkan ( kamar tidur, R tamu, Dapur, ruang terbuka, dll ),
      atau dengan konsep dua lantai pada sebagian bangunan sesuai kebutuhan.

      Hapus
Note :

. Komentar yang mengandung usur pornografi / sara / kekerasan akan dihapus.
. Terima kasih komentarnya...!
. Semoga bermanfaat...!

Nama

Aluminium,4,Amdal,15,Arsitektur,62,Bahan bangunan,8,Bangunan Air,2,budaya indonesia,26,Denah Rumah,22,Galeri,25,Green house,6,Info sekilas,27,Interior,1,Irigasi,2,Jembatan,3,Konservasi tanah,5,Konstruksi,46,Konstruksi Beton,15,Konstruksi kayu,38,Kuda kuda Baja,1,Kuda kuda kayu,4,Kusen,4,Lingkungan,15,Masjid,10,Mebelair,2,Menu navigasi,3,Opini,13,Pemberdayaan Masyarakat,7,Pendidikan,3,Peraturan,29,Pondasi,4,Profil Kusen,4,Property,46,RAB,27,Rumah adat,21,S E O,5,Sambungan Kayu,30,Sertifikasi,12,sipil,40,SNI,22,Software,2,Tangga,3,Tips trik blogger,25,Undang undang,11,Wisata,2,
ltr
item
Home Design and Ideas: Design rumah tinggal dengan lahan sempit memanjang kebelakang
Design rumah tinggal dengan lahan sempit memanjang kebelakang
https://1.bp.blogspot.com/-_K4RwxnDGmw/XsVgCrlLwBI/AAAAAAAAHLE/xI_MViN3LlYu4eIHlZ0zr5I_lE-s92HVACK4BGAsYHg/w200-h200/H-icon.png
https://1.bp.blogspot.com/-_K4RwxnDGmw/XsVgCrlLwBI/AAAAAAAAHLE/xI_MViN3LlYu4eIHlZ0zr5I_lE-s92HVACK4BGAsYHg/s72-w200-c-h200/H-icon.png
Home Design and Ideas
https://www.hdesignideas.com/2010/06/design-rumah-tinggal-dengan-lahan.html
https://www.hdesignideas.com/
https://www.hdesignideas.com/
https://www.hdesignideas.com/2010/06/design-rumah-tinggal-dengan-lahan.html
true
2215255630784927830
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content