Rumah Adat Sasak lombok NTB

Salah satu bentuk dari bukti kebudayaan Sasak adalah bentuk bangunan rumah adatnya. Rumah bukan sekadar tempat hunian yang multifungsi, mela...


Salah satu bentuk dari bukti kebudayaan Sasak adalah bentuk bangunan rumah adatnya.
Rumah bukan sekadar tempat hunian yang multifungsi, melainkan juga punya nilai estetika dan pesan-pesan filosofi bagi penghuninya, baik arsitektur maupun tata ruangnya.

Rumah adat Sasak pada bagian atapnya berbentuk seperti gunungan, menukik ke bawah dengan jarak sekitar 1,5 - 2 m.


Atap dan bubungannya (bungus) terbuat dari alang-alang, dindingnya dari anyaman bambu, hanya mempunyai satu berukuran kecil dan tidak ada jendelanya.

Ruangannya (rong) dibagi menjadi inan bale (ruang induk) yang meliputi bale luar (ruang tidur) dan bale dalem berupa tempat menyimpan harta benda, ruang ibu melahirkan sekaligus ruang disemayamkannya jenazah sebelum dimakamkan.

Ruangan bale dalem dilengkapi amben, dapur, dan sempare (tempat menyimpan makanan dan peralatan rumah tangga lainnya) terbuat dari bambu ukuran 2 x 2 meter persegi atau bisa empat persegi panjang. Selain itu ada sesangkok (ruang tamu) dan pintu masuk dengan sistem geser.

Di antara bale luar dan bale dalem ada pintu dan tangga (tiga anak tangga) dan lantainya berupa campuran tanah dengan kotoran kerbau atau kuda, getah, dan abu jerami. Undak-undak (tangga), digunakan sebagai penghubung antara bale luar dan bale dalem.

Material yang dibutuhkan untuk membangun rumah antara lain:
kayu-kayu penyangga, bambu, anyaman dari bambu untuk dinding, jerami dan alang-alang digunakan untuk membuat atap, kotaran kerbau atau kuda sebagai bahan campuran untuk mengeraskan lantai, getah pohon kayu banten dan bajur, abu jerami, digunakan sebagai bahan campuran untuk mengeraskan lantai.

COMMENTS

BLOGGER: 13
  1. lama vakum.....baru bisa mampir lagi.
    kunjungan malam minggu.

    BalasHapus
  2. berkunjung dan menyimak

    BalasHapus
  3. makasih kunjungannya
    smoga bermanfaat...!

    BalasHapus
  4. Malam ki.. pa kabar ? lama gak muncul, kemana aja, sibuk ya ?
    Wah aku paling seneng kalo lihat rumah2 unik yang kibagus tampilkan, soalnya aku baru tau ada rumah2 antik ya dari sini... makasih ya infonya

    BalasHapus
  5. Mampir mas, lama ga dolan ke sini ^_^

    BalasHapus
  6. mampir dulu mas,,wah rumahnya keren juga thu mas..
    sob tukeran link yuk,,kalau berminat nanti konfirmasi aja di blog DoFollow ane di healthcare-support.blogspot.com

    Ditunggu yah^^

    BalasHapus
  7. Artikel dan blognya bagus juga, komentar juga ya ke blog saya www.infonotesharian.blogspot.com

    BalasHapus
  8. wah,, unik bgt,, hehe

    BalasHapus
  9. TINGGAT KAN RUMAH ADAT KITA........

    BalasHapus
  10. aertikel menarik, terimakasih telah melestarikan budaya bangsa ini

    BalasHapus
  11. tolong info mengenai ornamen/ragam hias yang terdapat di rumah sasak dong pak, ada atau tidak seperti halnya rumah adat bali yang mempunyai banyak ragam hias pada rumah adatnya .
    mohon infonya pak terimakasih ..

    BalasHapus
  12. @aria..! makasih ...!
    akan saya usahakan...!

    BalasHapus
Note :

. Komentar yang mengandung usur pornografi / sara / kekerasan akan dihapus.
. Terima kasih komentarnya...!
. Semoga bermanfaat...!

Aluminium,4,Amdal,15,Arsitektur,64,Bahan bangunan,8,Bangunan Air,2,budaya indonesia,26,Denah Rumah,22,Galeri,32,Green house,6,Info sekilas,27,Interior,1,Irigasi,2,Jembatan,3,K3 konstruksi,4,Konservasi tanah,5,Konstruksi,48,Konstruksi Beton,15,Konstruksi kayu,38,Kuda kuda Baja,1,Kuda kuda kayu,4,Kusen,4,Lingkungan,15,Masjid,12,Mebelair,2,Menu navigasi,3,Opini,13,Pemberdayaan Masyarakat,7,Pendidikan,3,Peraturan,31,Pondasi,4,Profil Kusen,4,Property,46,RAB,28,Rumah adat,21,S E O,7,Sambungan Kayu,30,Sertifikasi,12,sipil,53,SNI,22,Software,2,Tangga,3,Tips trik blogger,27,Undang undang,12,Wisata,2,
ltr
item
Home Design and Ideas: Rumah Adat Sasak lombok NTB
Rumah Adat Sasak lombok NTB
https://1.bp.blogspot.com/-tBBhFBbUhpM/XsYkRxyfP0I/AAAAAAAAHYs/p6R2062I3QwqxE2p12-ZDBNzfUL9aKrFgCK4BGAsYHg/s320/rumah%2Badat%2Bsasak.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-tBBhFBbUhpM/XsYkRxyfP0I/AAAAAAAAHYs/p6R2062I3QwqxE2p12-ZDBNzfUL9aKrFgCK4BGAsYHg/s72-c/rumah%2Badat%2Bsasak.jpg
Home Design and Ideas
https://www.hdesignideas.com/2010/10/rumah-adat-sasak-lombok-ntb.html
https://www.hdesignideas.com/
https://www.hdesignideas.com/
https://www.hdesignideas.com/2010/10/rumah-adat-sasak-lombok-ntb.html
true
2215255630784927830
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content