Konsep Awal

Keinginan untuk mempunyai rumah tinggal yang sehat, nyaman dan indah adalah impian semua orang. Ada beberapa kriteria yang harus dipikirkan dalam melakukan perencanaan rumah tinggal :
  • Ketersediaan lahan
  • Konsep yang diinginkan
  • Perkiraan biaya yang dibutuhkan

Ketersediaan lahan Hal ini meliputi lokasi tanah yang akan digunakan, dalam merencanakan rumah tinggal harus dipertimbangkan mengenai kondisi lingkungan sekitar yang ada, karena kenyamanan juga terkait dengan lingkungan contohnya:
  • Lokasi dekat pertokoan; lokasi ini kurang cocok untuk digunakan sebagai rumah tinggal karena kondisi sekitar yang kurang memasyarakat dan cenderung ramai dengan lalu lintas baik orang, barang maupun kendaraan
Konsep yang diinginkan Hal ini terkait dengan penataan lahan yang ada sehingga kebutuhan anda nantinya dapat terpenuhi, contohnya : tata ruang/ketersediaan ruang yang diinginkan, dengan tata ruang yang baik anda bisa merasakan kenyamanan dalam rumah anda, ruang minimal yang harus ada meliputi :
  1. ruang tamu
  2. ruang keluarga
  3. ruang makan
  4. ruang tidur utama
  5. ruang tidur anak
  6. dapur
  7. KM/WC
  8. garasi
  9. gudang
  10. taman
  11. sanitasi
ke sebelas point tersebut harus tertata dengan baik, dimana sirkulasi udara, tata cahaya, penempatan parabotan yang direncanakan bisa tertata dengan tepat. Untuk langkah selanjutnya anda tinggal menentukan model yang anda inginkan, hal ini meliputi :
  1. Model rumah
  2. tampak depan
  3. rencana atap
  4. Model pintu dan jendela
Perkiraan biaya yang dibutuhkan Hal ini merupakan point yang harus anda kerjakan dengan cermat jangan sampai perkiraan yang anda buat tidak sesuai dengan apa yang telah anda impikan. untuk itu ada tips dalam memperkirakan biaya umum yang dibutuhkan, yaitu :
  1. target; anda harus punya target, apakah akan dibangun dengan 1 kali pembiayaan atau bertahap
  2. kondisi keuangan anda; anda harus bisa merencanakan prioritas dalam pembiayaan dan juga pengaturan keuangan anda disesuaikan dengan kebutuhan dan penghasilan anda.

Komentar

Berita terbaru

Postingan populer dari blog ini

Memahami Mutu Beton fc (Mpa) dan Mutu Beton K (kg/cm2)

Mengenal bagian kusen pintu dan jendela kayu

Menghitung Volume Besi per-m3 beton bertulang

Menentukan ukuran Tangga dan Anak Tangga untuk bangunan bertingkat