Rumah adat Jawa Tengah

 






Rumah adat jawa tengah sangat beragam sekal disini saya akan mencoba memberi ilustrasi secara umum.
Ilmu yang mempelajari seni bangunan oleh masyarakat Jawa biasa disebut Ilmu Kalang atau disebut juga Wong Kalang.Yang merupakan bangunan pokok dalam seni bangunan Jawa ada 5 (lima) macam, ialah :


  • Panggang-pe, yaitu bangunan hanya dengan atap sebelah sisi
Type dan sub type Panggang Pe : Pokok, Trajumas, Kios, Gedhang, Cere Gancet, Empyak Setangkep, dan Barengan.
  • Kampung, yaitu bangunan dengan atap 2 belah sisi, sebuah bubungan di tengah saja.
Type dan sub type Kampung : Pokok, Trajumas, Gedhang Selirang, Sinom, Apitan, Gajah, Gotong Mayit, Cere Gancet, Dara Gepak, Baya Mangap, Pacul Gowang, Srontongan, Klabang Nyander, Jompongan, Semar, dan Lambang Teplok.
  • Limasan, yaitu bangunan dengan atap 4 belah sisi, sebuah bubungan de tengahnya.
Type dan sub type Limasan : Enom, Ceblokan, Cere Gancet, Gotong Mayit, Semar, Empyak Setangkep, Bapangan, Klabang Nyander, Trajumas, Lambang, Sinom, dan Apitan.
  • Joglo atau Tikelan, yaitu bangunan dengan Soko Guru dan atap 4 belah sisi, sebuah bubungan di tengahnya.
Type dan sub type Joglo : Tawon Goni, Ceblokan, Jompongan, Pangrawit (terdiri dari Hageng, Lambang Gantung, dan Mangkurat), Lambang sari, Kepuhan (terdiri dari Lawakan, Limolasan, dan Kepuhan Apitan), Apitan, Wantah, Sinom, dan Trajumas.
  • Tajug atau Masjid, yaitu bangunan dengan Soko Guru atap 4 belah sisi, tanpa bubungan, jadi meruncing.
Type dan sub type Tajug/Masdjid: Tawon Goni, Ceblokan, Lawakan, Lambang, dan Semar.



Masing-masing bentuk berkembang menjadi beraneka jenis dan variasi yang bukan hanya berkaitan dengan perbedaan ukurannya saja, melainkan juga dengan situasi dan kondisi daerah setempat.
Dari kelima macam bangunan pokok rumah Jawa ini, apabila diadakan penggabungan antara 5 macam bangunan maka terjadi berbagai macam bentuk rumah Jawa. 

Sebagai contoh : gedang selirang, gedang setangkep, cere gencet, sinom joglo lambang gantung, dan lain-lain.



Semoga sedikit tulisan ini bisa bermanfaat.
Selamat berkreasi...!

 

About Mahdi e

- Berbagi itu indah -

46 comments:

  1. Untuk kelengkapan accesories dalam ruang rumah anda kunjungi kami di : www.ahzahomefurniture.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Pengen punya rumah joglo seperti ini.
    mampir siang-siang ki....

    BalasHapus
  3. artikelnya mantap2 gan..

    BalasHapus
  4. Rumah adatnya kelihatannya punya jumlah tiang selalu genap , di beberapa daerah jumlah tiangnya ganjil

    BalasHapus
  5. Kalau di kampung saya rumah ini di sebut rumah bandungan...unik dan kebanyakan menggunakan kayu jati - hampir 100%

    BalasHapus
  6. I really like the post above, in terms of the image is attractive and fairly clear when read articles about anything, but I'm more interested in seeing the picture is very clear and nice.

    BalasHapus
  7. rumah adat jawa tengah hampir sama ya sama jawa timur, saat kecil saya sering pulang kampung kerumah nene, dan rumah jawa sangat unik, kalau masuk kerumah lebar sehingga suasana menjadi nyaman dan teduh, terimakasih infonya ya sahabat.

    BalasHapus
  8. rumah adat jawa ko gitu yah hehe, tapi keren juga tuh gan, makasih banyak yah buat infonya

    BalasHapus
  9. oh jadi itu ya rumah adat jawa tengah..
    baru tau nih..
    mksih ya buat info nya..
    sangat menarik juga

    BalasHapus
  10. iya nih saya juga baru tau sekarng rumah jawa tengah,..,,

    nice post ya

    BalasHapus
  11. Wahh rumah adat jawa gak terlalu berbeda dengan rumah adat sunda ya...

    BalasHapus
  12. unik jg ya rumah adat jawa tengah,,

    mkzh ya bwt informasi'y,,,

    BalasHapus
  13. hmm menarik sekli nih rumah adat jawa tengah ...
    mkzh bwt info'y,,,

    BalasHapus
  14. memang ya di indonesia banyk sekli brbagai macam rumah adat,,
    emz baru tahu jg nih rumah adt jawa tengah..
    nice info.

    BalasHapus
  15. pada keren nih rumah adat nya gan, hehe, makasih banyak atas infonya gan

    BalasHapus
  16. bedanya joglo jawa tengah dengan jawa timur apa ya...?

    BalasHapus
  17. @arc74
    secara garis besar sama...!
    bangunan joglo merupakan bangunan adat jawa, untuk perbedaan hanya pada beberapa ornamen ornamen..!
    makasih... smoga bermanfaat

    BalasHapus
  18. terima kasih gan...

    BalasHapus
  19. rumahnya baguss dan ademm..
    msih megang teguh adat dan istiadat leluhur.
    mksih bnyak atas infonya

    BalasHapus
  20. bagus banget yah rumah adat nya gan, makasih banyak atas infonya semoga bermanfaat

    BalasHapus
  21. wah kali ini rumah adat punya tempatku ini...ciiip lah...

    http://newhomemoderndesign.blogspot.com/

    BalasHapus
  22. thanks for you,,,i like it

    http://breakingnews4.blogspot.com/

    BalasHapus
  23. rumah aday jawa itu memang bagus yah, kayanya kalo tidur di rumah itu pasti hangat juga ya gan

    BalasHapus
  24. desain tumah nya bagus banget ni

    BalasHapus
  25. wih... keren bngt tu rumah adatnya......

    BalasHapus
  26. rumah adat yang sangat identik..
    salam kenal buat semuanya

    BalasHapus
  27. bagus juga nih rumah adatnya........

    BalasHapus
  28. desain rumah adat yang mnarik nih juga unik....

    BalasHapus
  29. desain rumah nya bagus banget tuh, rumah adat jawa memang begitu yah, hehehe

    BalasHapus
  30. orang jaman dulu memang kratif bgt..
    kira-kira arsitek pertama kali nya sapa yaa??
    hebat !!

    BalasHapus
  31. simple tapi berkarakter..
    thank infonya..

    BalasHapus
  32. desain rumah yang elegan sangant nyaman sekali kalo di tempati'

    BalasHapus
  33. bagus bangaet ah desain nya,sangat bermanfaat sekali nih, maksih banyak atas infonya

    BalasHapus
  34. makasih kunjungannya..!
    smoga bermanfaat...!

    BalasHapus
  35. desain tumah nya bagus banget ni

    BalasHapus
  36. hmm menarik sekli nih rumah adat jawa tengah ...
    mkzh bwt info'y,,,

    BalasHapus
  37. thanks for share Informatons. this post is very useful for me..

    BalasHapus
  38. ragam budaya indonesia, rumah yang keliatannya adem kalo di tempatin..

    BalasHapus
  39. saya bangga jd bangsa indonesia..kunjungi juga http://freedesignnews.blogspot.com/

    BalasHapus
  40. dengan senag hati saya berkunjung ke blog anda ,,
    suxses terus buat ngeblognya ...

    BalasHapus
  41. Balasan
    1. terima kasih dah berbagi
      semoga bermanfaat....!

      Hapus

Note :

Komentar yang mengandung usur pornografi / sara / kekerasan akan dihapus.
Terima kasih komentarnya...!
Semoga bermanfaat...!