Rumah kecil dan nyaman

Rumah mungil/kecil merupakan alternatif dengan adanya keterbatasan dana dan lahan yang di alokasikan untuk pembangunan rumah, namun demikian bukan tidak mungkin bila faktor efisiensi yang menjadi dasar pemikiran dalam pembangunan rumah mungil.

Sekecil apapun rumah yang kita tempati, namun yang terpenting dengan design yang baik akan membuat kita merasa nyaman untuk tinggal di dalamnya. Bahkan dengan keterbatasan ruang yang dimiliki justru akan mendorong kita untuk dapat lebih kreatif dalam memanfaatkan dan mendesain setiap sudut ruang.

Bila memang alasan kedua yang menjadi pertimbangan dalam pembuatan rumah mungil, ada baiknya bila kita mempertimbangkan lagi beberapa faktor agar rumah yang akan kita tempati bisa menjadi nyaman bagi keluarga kita sendiri.

Taman Rumah

Taman merupakan bagian yang kurang diperhatikan oleh kebanyakan masyarakat kita, padahal dengan kondisi lahan rumah yang kecil dengan design yang tepat, maka akan terlihat manis .
pada lahan sempit kita bisa tanami dengan tanaman-tanaman hidup yang dibuat rendah dengan ketinggian 30 - 50cm. Agar halaman rumah terkesan luas, maka komposisi tanaman-tanaman ini dapat ditarik ke arah bagian tepi.

Sebagai peneduh dari sinar matahari dapat digunakan pohon yang dengan spesifikasi kecil langsing contohnya palm berukuran sedang di lengkapi dengan lampu taman dengan bentuk yang unik sekaligus sebagai eye cather. Dengan demikian hawa panas dari luar rumah dapat tersaring oleh hijauan taman didepan rumah.

Tata Ruang

Dengan kondisi rumah yang kecil, maka memaksa kita untuk lebih kreatif dalam memanfaatkan dan mendesain setiap sudut ruang. Umumnya rumah mungil terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu, ruang makan dan dapur. Untuk dapat memanfaatkan setiap ruangnya maka, selain kamar tidur dan kamar mandi ada baiknya ruang-ruang itu tidak di batasi oleh dinding massif ( bisa digunakan dinding partisi ).

Untuk memberi kesan luas pada ruang tamu dapat digunakan warna-warna yang terang namun lembut, seperti warna blue sky, off white. Warna ini dapat dipadukan dengan sofa yang bergaya modern dengan warna-warna yang cerah.
Pada bagian ruang makannya bisa menggunakan meja bundar dengan 2 kursi, dimana ruang makan ini berhubungan langsung dengan dapur.

Ruang tidur utama dengan jendela yang berhubungan dengan ruang terbuka dibelakang, hal ini bertujuan agar sirkulasi udara dapat berjalan dengan seimbang. Dan ruang tidur yang lainnya berhubungan dengan halaman depan.
Dengan tempat tidur bertingkat agar lebih menghemat ruang.

Kesemua unsur ditata dan di desain sesuai dengan kebutuhan kita, sehingga tidak ada ruang yang terbuang dengan percuma dan kitapun dapat tinggal dengan nyaman di rumah mungil kita.


Sumber : http://backrest.wordpress.com/

Komentar

  1. coment yg pertamaxx nih...

    wah menarik sekli nih,,wlpn rumah kecil yg penting khnt nyaman dan jg sehat,,,

    BalasHapus
  2. emz bgtu ya konsep'y,,,
    sangt bermnfaat sekli nih mas,,,
    thnks ya bwt info'y

    BalasHapus
  3. biarpun rumah kecil yg penting khant nyaman,,,
    mkzh ya mas informasi yg sangt menarik dan jg bermnfaat..
    boleh di coba jg.

    BalasHapus
  4. ulasan yg mantap nih,,
    trmkasih ya bwt info'y sangt menarik sekli nih

    BalasHapus
  5. Biar kecil yg penting nyaman,, itu yang terpenting :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Note :
. Komentar yang mengandung usur pornografi / sara / kekerasan akan dihapus.
. Terima kasih komentarnya...
. Semoga Bermanfaat...

Berita terbaru

Postingan populer dari blog ini

Memahami Mutu Beton fc (Mpa) dan Mutu Beton K (kg/cm2)

Mengenal bagian kusen pintu dan jendela kayu

Menghitung Volume Besi per-m3 beton bertulang

Menentukan ukuran Tangga dan Anak Tangga untuk bangunan bertingkat