Bangunan Tua Jejak Sejarah dan Budaya Bangsa

Kantor Pos Yoyakarta
Indonesia, dengan letaknya yang strategis dan kekayaan alamnya yang berlimpah, mengundang berbagai transaksi perdagangan dari Eropa, Arab, India dan China. Posisi ini menjadikan Indonesia pusat perdagangan yang ramai dan pelabuhan yang sibuk. Tempat bertemu dan berlebur berbagai kultur dan jamaknya etnisitas menambah kaya sejarah bangsa. Indonesia adalah sebuah bangsa yang mempunyai banyak potensi untuk menjadi yang maju dan besar.

Bangunan-bangunan yang berkualitas berhasil menjadi koneksi antara visi kreatornya, impian sang pengguna atau orang yang tinggal di dalamnya menyatu dengan alam sekitarnya, dilatarbelakangi konseptual environmental metafisika, teologi dan filosofi merupakan hasil arsitektural awal yang menunjukan kemakmuran dan kesejahteraan manusia. Ditambah dengan nilai historisnya, menjadikan bangunan-bangunan tua kekayaan negara yang tak ternilai. Bangunan-bangunan tua mendapat kehormatan dan perhatian khusus di negara-negara maju lainnya atas konsiderasi fundamental. 

Sudah menjadi tugas kita sebagai generasi muda untuk dapat melestarikan peninggalan besejarah tersebut. tapi kita lihat sekarang justru banyak sekali yang tidak terurus bahkan dibongkar. Menjadikan  tua dengan perpaduan modern merupakan keharusan terkait dengan perawatan yang membutuhkan cukup banyak biaya.
Bank Indonesia Solo
Yang terpenting adalah kita sebagai bangsa yang besar harus mampu melestarikan budaya luhur bangsa yang merupakan peninggalan bersejarah yang tidak tergantikan.

Program restorasi atau  pemugaran bangunan tua merupakan agenda nasional untuk menjaga orisinalitas dan perawatan peninggalan sejarah bangsa. Peringatan dan perayaan sejarah tidak selamanya terlukiskan indah penuh kemenangan, di dalamnya juga terkandung sejarah yang hitam dan penuh perjuangan menjadikan arsitektur bangunan tua mendapat tempat yang sangat istimewa pada kemajuan bangsa.
 
Bank Indonesia Yogyakarta 
Anak bangsa yang terbuai dengan mimpi dengan sendiri telah menjadi musuh terbesar bagi dirinya. Sibuk berjuang untuk menjadi yang terbaik sehingga lupa akan akar-akar yang menjadikannya. Sejarah ada karena tidak semua harus kita jalani sendiri. Dengan adanya kesadaran untuk belajar dari masa lampau, kita baru bisa membangun sejarah baru yang lebih baik, tanpa harus mengulang yang lama

Kultur yang rapuh dibangun tanpa jati diri dan kesadaran untuk belajar dari masa lalunya. Bangunan tua yang bercerita tentang masa lalu, sekarang dan masa depan tentang sebuah bangsa sedang menunggu untuk diselamatkan dari kerapuhannya.

Lawangsewu Semarang


About Mahdi e

- Berbagi itu indah -

13 comments:

  1. Sejarah adalah Peninggalan yang berharga,,,

    Makasih udah Share,.....

    http://www.justfree4u.co.cc/2010/01/gratis-ebook-gurita-cikeas-full-version.html

    BalasHapus
  2. selain itu saat ini bangunan yang memiliki nilai sejarah juga memiliki harga yang terus naik, mungkin itu pula banyak dijadikan lahan pemerintah untuk mencari tambahan keuangan. sangat disayangkan banyak bangunan bersejarah yang dimiliki perseorangan

    BalasHapus
  3. mari kita rawat dan lestarikan lah peninggalan2 pahlawan2 kita dlu..

    BalasHapus
  4. bangunan nya unik..

    dan bersejarah lagi...

    BalasHapus
  5. bangunan yang menarik,,
    sejarah bangsa ,harus di jaga dengan baik

    BalasHapus
  6. tempat bersejarah harus di rawat dengan baik,.
    ksian anak cucu kita klo ga tau sjarah bangsanya sendiri

    BalasHapus
  7. pninggalan2 sperti itu harus kita rawat dengan baik,.
    sipp !!
    nice info :)
    jadi ngingetin lagi plajaran msa2 skolah dlu

    BalasHapus
  8. marilah Kita jaga dan Rawat Peninggal2n dan sejarah2 Indonesia...
    makasih Info nya...

    BalasHapus
  9. tempat-tempat yang sangat bersejarah..
    salam kenal buat semuanya

    BalasHapus
  10. memeng banyak situs" sejarah dikita ini,.. makasi atas infonya

    BalasHapus
  11. keren banget nih desain rumah nya gan, makasih banyak atas infonya gan sukses selalu yah

    BalasHapus
  12. sejarah yang masih di akui yah, makasih banyak atas infonya gan, sukses selalu yah

    BalasHapus
  13. bangunan " yang kukuh kenangan" nenek moyang kita harus di pelihara.sebagai mana mereka yang memperjuangkan kelestarian bangunan tsb pada zaman nenek moyang kita dulu

    BalasHapus

Note :

Komentar yang mengandung usur pornografi / sara / kekerasan akan dihapus.
Terima kasih komentarnya...!
Semoga bermanfaat...!