Menu

Membangun rumah dengan keterbatasan lahan memerlukan kejelian dan kehati hatian agar hasilnya bisa memenuhi kebutuhan yang diharapkan.
Lahan dengan kondisi sempit memanjang kebelakang contohnya 6 m x 25 m, perlu beberapa hal yang perlu diperhatikan ( khususnya apabila kiri kanan sudah terdapat bangunan ), yaitu :

Jenis ruang yang dibutuhkan ( minimal ).
  • Ruang tamu
  • Ruang keluarga
  • Ruang Makan
  • Kamar tidur
  • Dapur
  • KM/WC
Sistim pencahayaan dan sirkulasi udara yang cukup untuk semua ruangan.
  • Pemenuhan cahaya dan udara yang cukup sangat mempengaruhi kenyamanan sebuah rumah, tata ruang dan adanya penempatan ruang terbuka bisa menjadi alternatif yang baik untuk kebutuhan pada lahan sempit memanjang.


Contoh kasus sederhana :
  1. Penempatan ruang terbuka dibelakang garasi, dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan dan sirkulasi udara pada ruang keluarga kamar tidur
  2. Penempatan ruang terbuka pada bagian belakang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan dan sirkulasi udara pada dapur dan kamar tidur.
  3. Ruang  terbuka bisa merupakan taman samping dan belakang.
Ini adalah contoh kasus sederhana yang bisa dijadikan inspirasi dalam membangun rumah. ( untuk detail bisa dilakukan dengan banyak variasi design )

semoga bermanfaat..!
terima kasih..!

6 comments:

  1. Rumah kecil ? kaya rumahku ki, bisa gak yah bikinin desain interior buat rumah mungil yg kayak gimana ? biar terasa lebih luas, yang minimalis gitu deh.... tolong bikin postingnya ya ki... hehe...

    BalasHapus
  2. waduh mampir boz,,
    kalo' gini caranya bisa minta bantuan donk,besok law dah mo bikin rumah,,,,,
    heheeee,,, thanks bos infonya mantap....

    BalasHapus
  3. kamar mandinya di mana nehhh???

    BalasHapus
  4. @anonim.! thanks komentnya..! ( tapi siapa ya..? )
    untuk kamar mandi bisa menyatu dengan ruang keluarga atau pada dapur tergantung minat dan selera ( bisa dengan berbagai variasi design )

    BalasHapus

 
Top