Mengenal bagian kusen pintu dan jendela kayu

Untuk meletakkan daun pintu atau daun jendela pada dinding, dipasang rangka yang disebut kusen, kusen untuk tempat tinggal terbuat dari kayu...

Untuk meletakkan daun pintu atau daun jendela pada dinding, dipasang rangka yang disebut kusen, kusen untuk tempat tinggal terbuat dari kayu atau logam. Kusen kayu memberikan penampilan yang hangat dan indah dari tampilan tekstur serat-serat kayu yang dimilikinya, mempunyai nilai penyekat panas yang baik dan pada umumnya tahan terhadap pengaruh cuaca. Rangka jenis ini dapat berupa produk pabrik yang telah diselesaikan dengan pelapisan cat, pewarnaan atau masih berupa kayu asli tanpa pelapisan. 
Kusen dari bahan logam berbeda dari kayu, kusen logam tidak terpengaruh bila basah, kusen logam ini tidak memiliki kehangatan dalam penampilan dan memberikan daya tahan yang kecil terhadap perpindahan panas. Kusen logam dapat terbuat dari alumunium, baja atau baja tak berkarat (stainless-steel), warna alami logam dapat ditutup dengan lapisan cat dan dirawat dengan baik untuk mencegah korosi.
Ukuran penampang batang kayu untuk rangka pintu dan jendela
adalah sebagai berikut :
 
5/10 5/12 5/14 5/15 6/10 6/12 6/14 6/15 7/12 cm

Bagian-Bagian kusen terdiri atas :
  1. Tiang (style).
  2. Ambang (dorpel) pada kusen jendela terdapat ambang atas dan ambang bawah sedangkan pada pintu tidak ada ambang bawah.
  3. Sponneng, yaitu tempat perletakan/melekatnya daun pintu atau daun jendela.
  4. Telinga, yaitu bagian ambang (dorpel) yang masuk/ditanam kedalam tembok yang berfungsi untuk menahan gerakan kusen kemuka atau kebelakang.
  5. Alur kapur, bagian dari tiang (style) yang dialur/dicoak dengan fungsi untuk menahan gerakan kusen kemuka atau kebelakang selain itu juga agar apabila terjadi penyusutan, tidak timbul celah.
  6. Angkur, dipasang pada tiang (style), berfungsi untuk memperkuat melekatnya pada tembok juga menahan gerakan ke samping.dan ke muka/ke belakang.
  7. Duk (neut), dipasang pada tiang (style) di bagian bawah, khusus untuk kusen pintu, berfungsi untuk menahan gerakan tiang ke segala arah dan melindung tiang kayu terhadap resapan air dari latai ke atas.

COMMENTS

BLOGGER: 6
  1. Anonim8/01/2010

    Asslm,,,,

    Kunjungan Balik nih Sob,
    Thanks ya udah Berkunjung ke Rumahku…hehehe
    Rumahnya (Blognya…red) tambah oke aja,
    Gak bosen deh saya sempatkan untuk Datang ke Sini lagi..!!

    Sob saya punya Blog baru nih,
    Sempatkan untuk berkunjung ya, ini Rumah Baruku…
    http://kecantikanwajahkulit.blogspot.com
    http://menurunkanasamurat.blogspot.com
    http://carabuatanak.blogspot.com


    Salam,,,

    BalasHapus
  2. setelah berjuang keras dengan koneksi lemot akhirnya yampe juga kesini, lumayan nih sekarang loading ke rumah aki rada cepet

    Untuk kusen daun pintu aku pilih dari kayu aja deh..

    BalasHapus
  3. TRIMS INFONYA TAMBAH PENGALAMAN NI

    BalasHapus
  4. Mulia Jati merupakan perusahaan yang bergerak didalam bidang pembuatan dan penjualan Kosen Pintu dan Jendela maupun Furniture Interior seperti Meja, Kursi Kitchen Set dan lain-lain. http://kusen-pintujati.com Untuk mengakomodir kalangan menengah keatas kami menggunakan bahan kayu Jati berkualitas yang terlah dikenal akan kekuatan, keawetan dan keindahan tekstur serat kayunya. Namun kami menyediakan juga dengan menggunakan bahan dari Kayu Mahoni untuk kalangan menengah kebawah. Yang tentu saja memiliki kelas sedikit di bawah Kayu Jati, dan dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

    BalasHapus
  5. wah mantap artikelnya gan, saya dari jepara juga menjual pintu kusen dan berbagai macam perabot furniture handmade dari jepara. https://www.ciptofurniture.com/ nitip link ya gan , silahkan kunjungi toko kami di jepara. terimaksih banyak.

    BalasHapus
  6. Apa arti kupingan pada kusen?

    BalasHapus
Note :

. Komentar yang mengandung usur pornografi / sara / kekerasan akan dihapus.
. Terima kasih komentarnya...!
. Semoga bermanfaat...!

Nama

Aluminium,4,Amdal,14,Arsitektur,83,Bahan bangunan,8,Bangunan Air,2,budaya indonesia,26,Denah Rumah,22,Galeri,25,Green house,6,Info sekilas,29,Interior,1,Irigasi,2,Jembatan,3,Konservasi tanah,5,Konstruksi,46,Konstruksi Beton,15,Konstruksi kayu,38,Kuda kuda Baja,1,Kuda kuda kayu,4,Kusen,4,Lingkungan,14,Masjid,10,Mebelair,2,Menu navigasi,3,Opini,14,Pemberdayaan Masyarakat,7,Pendidikan,3,Peraturan,29,Pondasi,4,Profil Kusen,4,Property,46,RAB,27,Rumah adat,21,S E O,5,Sambungan Kayu,30,Sertifikasi,12,sipil,40,SNI,22,Software,2,Tangga,3,Tips trik blogger,25,Undang undang,11,Wisata,2,
ltr
item
Home Design and Ideas: Mengenal bagian kusen pintu dan jendela kayu
Mengenal bagian kusen pintu dan jendela kayu
https://1.bp.blogspot.com/-ZtP3nuhRK58/XsTeY2mWRPI/AAAAAAAAGtY/kaSz_gI4sXcJFFJ0hwvdNI55QbocE8koQCK4BGAsYHg/d/kusen%2Bpintu%2Bjendela.JPG
https://1.bp.blogspot.com/-ZtP3nuhRK58/XsTeY2mWRPI/AAAAAAAAGtY/kaSz_gI4sXcJFFJ0hwvdNI55QbocE8koQCK4BGAsYHg/s72-c-d/kusen%2Bpintu%2Bjendela.JPG
Home Design and Ideas
http://www.hdesignideas.com/2010/07/mengenal-bagian-kusen-pintu-dan-jendela.html
http://www.hdesignideas.com/
http://www.hdesignideas.com/
http://www.hdesignideas.com/2010/07/mengenal-bagian-kusen-pintu-dan-jendela.html
true
2215255630784927830
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content