Menu

Salah satu bentuk dari bukti kebudayaan Sasak adalah bentuk bangunan rumah adatnya.
Rumah bukan sekadar tempat hunian yang multifungsi, melainkan juga punya nilai estetika dan pesan-pesan filosofi bagi penghuninya, baik arsitektur maupun tata ruangnya.
Rumah adat Sasak pada bagian atapnya berbentuk seperti gunungan, menukik ke bawah dengan jarak sekitar 1,5 - 2 m.
Atap dan bubungannya (bungus) terbuat dari alang-alang, dindingnya dari anyaman bambu, hanya mempunyai satu berukuran kecil dan tidak ada jendelanya.
Ruangannya (rong) dibagi menjadi inan bale (ruang induk) yang meliputi bale luar (ruang tidur) dan bale dalem berupa tempat menyimpan harta benda, ruang ibu melahirkan sekaligus ruang disemayamkannya jenazah sebelum dimakamkan.
Ruangan bale dalem dilengkapi amben, dapur, dan sempare (tempat menyimpan makanan dan peralatan rumah tangga lainnya) terbuat dari bambu ukuran 2 x 2 meter persegi atau bisa empat persegi panjang. Selain itu ada sesangkok (ruang tamu) dan pintu masuk dengan sistem geser.
Di antara bale luar dan bale dalem ada pintu dan tangga (tiga anak tangga) dan lantainya berupa campuran tanah dengan kotoran kerbau atau kuda, getah, dan abu jerami. Undak-undak (tangga), digunakan sebagai penghubung antara bale luar dan bale dalem.
Material yang dibutuhkan untuk membangun rumah antara lain:
kayu-kayu penyangga, bambu, anyaman dari bambu untuk dinding, jerami dan alang-alang digunakan untuk membuat atap, kotaran kerbau atau kuda sebagai bahan campuran untuk mengeraskan lantai, getah pohon kayu banten dan bajur, abu jerami, digunakan sebagai bahan campuran untuk mengeraskan lantai.

12 comments:

  1. lama vakum.....baru bisa mampir lagi.
    kunjungan malam minggu.

    BalasHapus
  2. makasih kunjungannya
    smoga bermanfaat...!

    BalasHapus
  3. Malam ki.. pa kabar ? lama gak muncul, kemana aja, sibuk ya ?
    Wah aku paling seneng kalo lihat rumah2 unik yang kibagus tampilkan, soalnya aku baru tau ada rumah2 antik ya dari sini... makasih ya infonya

    BalasHapus
  4. mampir dulu mas,,wah rumahnya keren juga thu mas..
    sob tukeran link yuk,,kalau berminat nanti konfirmasi aja di blog DoFollow ane di healthcare-support.blogspot.com

    Ditunggu yah^^

    BalasHapus
  5. Artikel dan blognya bagus juga, komentar juga ya ke blog saya www.infonotesharian.blogspot.com

    BalasHapus
  6. aertikel menarik, terimakasih telah melestarikan budaya bangsa ini

    BalasHapus
  7. tolong info mengenai ornamen/ragam hias yang terdapat di rumah sasak dong pak, ada atau tidak seperti halnya rumah adat bali yang mempunyai banyak ragam hias pada rumah adatnya .
    mohon infonya pak terimakasih ..

    BalasHapus
  8. @aria..! makasih ...!
    akan saya usahakan...!

    BalasHapus

 
Top