Header Ads

Masjid Pangkalan Koto Baru dengan arsitektur khas Minangkabau tahun 1900

Masjid di indonesia sudah ada sejak jaman dulu dengan bermacam macam bentuk arsitektur yang bagus dan khas.
Perkembangan dunia arsitektur pada dewasa ini telah banyak mempengaruhi bentuk dan arsitektur masjid.
berikut masjid yang menunjukan betapa banyak ragam arsitektur yang ada :


masjid di kecamatan Pangkalan Koto Baru dengan arsitektur khas Minangkabau sekitar tahun 1900
Foto diatas adalah foto klasik Mesjid di Koto Baru, Pangkalan, Luhak 50 Kota.
Pangkalan Koto Baru adalah sebuah kecamatan yang terletak di kabupaten Lima Puluh Kota, provinsi Sumatera Barat, Indonesia dengan ibu kota nagari Pangkalan Koto Baru
Arstitektur mesjid ini yang bergaya Bodi Caniago: atapnya berupa tungkuih nasi bersusun. Ini menandakan bahwa orang Koto Baru menganut kelarasan Bodi Caniago. Foto dengan teknik litografi ini (ukuran: 12×17 cm.) dibuat oleh mat kodak C. Nieuwenhuis tahun 1900. Awalnya foto ini berasal dari Algemeen Rijksarchief Den Haag, Belanda, dari koleksi H.F. Laman Trip-van Andringa de Kampenaer.

Di sebelah mesjid terdapat bangunan kecil bagonjong yang tampaknya adalah tempat untuk meletakkan beduk besar (tabuah), alat untuk memanggil orang supaya datang ke mesjid bila waktu salat Jumat sudah tiba. 
Menara mesjid ini juga memiliki konstruksi yang unik, yang juga ditemukan di banyak mesjid lainnya di Minangkabau. Di belakangnya ada bangunan yang lebih kecil, barangkali sebuah surau, yang juga mempunyai atap berbentuk tungkuih nasi. Adalah biasa di Minangkabau sebuah surau terletak berdekatan dengan mesjid. Masing-masing punya fungsi sendiri: fungsi surau terkait dengan aktivitas keagamaan selingkup kaum dalam satu korong atau dusun, sedangkan fungsi mesjid terkait dengan aktivitas keagamaan selingkup nagari.

sumber : id.wikipedia.org
terima kasih..
semoga bermanfaat .

Tidak ada komentar

Note :

. Komentar yang mengandung usur pornografi / sara / kekerasan akan dihapus.
. Terima kasih komentarnya...!
. Semoga bermanfaat...!

Diberdayakan oleh Blogger.