Bentuk konstruksi kuda kuda berdasar lebar bentang

Konstruksi kuda-kuda adalah susunan rangka batang yang berfungsi mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri, sekalig...

Konstruksi kuda-kuda adalah susunan rangka batang yang berfungsi mendukung beban atap termasuk juga beratnya sendiri, sekaligus dapat memberikan bentuk pada atap.
Kuda-kuda
merupakan penyangga utama pada struktur atap. Struktur ini termasuk dalam klasifikasi struktur framework (truss), secara umumnya kuda - kuda terbuat dari kayu, bambu, baja, dan beton bertulang.

  • Kuda - kuda kayu digunakan sebagai pendukung atap dengan bentang maksimal sekitar 12 m. Kuda - kuda bambu pada umumnya mampu mendukung beban atap sampai dengan 10 meter
  • kuda - kuda baja sebagai pendukung atap, dengan sistem frame work atau lengkung dapat mendukung beban atap sampai dengan bentang 75 meter, seperti pada hanggar pesawat, stadion olah raga, bangunan pabrik, dll.
  • Kuda - kuda dari beton bertulang dapat digunakan pada atap dengan bentang sekitar 10 hingga 12 meter.
  • Pada kuda - kuda dari baja atau kayu diperlukan ikatan angin untuk memperkaku struktur kuda-kuda pada arah horisontal.
Pada dasarnya konstruksi kuda - kuda terdiri dari rangkaian batang yang selalu membentuk segitiga. Dengan mempertimbangkan berat atap serta bahan dan bentuk penutupnya, maka konstruksi kuda - kuda satu sama lain akan berbeda, tetapi setiap susunan rangka batang harus merupakan satu kesatuan bentuk yang kokoh yang nantinya mampu memikul beban yang bekerja tanpa mengalami perubahan.

Kuda-kuda diletakkan diatas dua struktur beton/baja selaku tumpuannya. Perlu diperhatikan bahwa tembok diusahakan tidak menerima gaya horisontal maupun momen, karena tembok hanya mampu menerima beban vertikal saja ( dalam perhitungan struktur tembok tidak diperhitungkan sebagai penerima beban tapi hanya sebagai beban )
Beban-beban yang dihitung adalah :

  1. Beban mati ( yaitu berat penutup atap, reng, usuk, gording, kuda - kuda, plafon termasuk instalasi listrik, air bersih/air kotor dan instalasi lain yang berada diatas plafon dengan posisi menggantung )
  2. Beban hidup ( angin, air hujan, orang pada saat memasang/memperbaiki atap ).
Kuda - kuda berdasarkan bentang kuda-kuda dan jenis bahannya :
Bentang 3-4 Meter

Digunakan pada bangunan rumah bentang sekitar 3 s.d. 4 meter, bahannya dari kayu, atau beton bertulang.
Bentang 4-8 Mater
Untuk bentang sekitar 4 s.d. 8 meter, bahan dari kayu atau beton bertulang. 

 Bentang 9-16 Meter
Untuk bentang 9 s.d. 16 meter, bahan dari baja (double angle).
Bentang 20 Meter
Bentang maksimal sekitar 20 m, Bahan dari baja (double angle) dan Kuda-kuda atap sebagai loteng, Bahan dari kayu
Kuda-Kuda Baja Profil Siku
Kuda-Kuda Gabel Profil WF


Untuk bentang lebih dari 9 m disarankan menggunakan tenaga ahli dalam menentukan dimensi material yang digunakan.

COMMENTS

BLOGGER: 63
  1. Hallo juga Kibagusss
    udah lama juga ga kesini nih ^^
    smoga sehat terus ya Ki bagus n bisa terus kasih info2 seputar home design, ok ok ok

    BalasHapus
  2. :) salam...
    menurut anda, antara kuda2 bambu dan kayu mana yg lebih tahan lama ?
    tq

    BalasHapus
  3. secara umum masih lebih baik kayu, tapi secara prinsip tergantung pada kondisi kayu/bambu yg dipakai.

    BalasHapus
  4. @rinda. thanks...! see you soon..!

    BalasHapus
  5. udah lama gak mampir pas masuk sini pangling suasananya beda.. loadingnya lebih cepet lo..

    BalasHapus
  6. salam sahabat
    hasil akhirnya bagus yach bentuk kuda ini

    oot iya lama gak saling komeng n visited makin ok aja mas

    BalasHapus
  7. salam kenal y
    smga sukses sllu....

    BalasHapus
  8. makasih atas struktur n article pembangunannya,salam kenal ya gan smga sukses sllu

    BalasHapus
  9. makin kren aja nih struktur pembangunan kibagus...
    thansk y
    slam kenal

    BalasHapus
  10. emz bentuk kuda"y sangt menarik nih,,, mkin bagus z nih mas struktur pembangunan'y,,,,
    mkzh ya bwt info'y gan..

    BalasHapus
  11. slam kenal KiBagus... saya ingin bertanya, apakah bisa membuat model "kuda-kuda baja profil siku" menggunakan kayu untuk bentang 5 meter?

    BalasHapus
  12. @ochen... untuk bentang 5 m bisa menggunakan kayu, untuk pemakaian profil baja siku juga bisa tinggal menyesuaikan bentuk rangkanya...!

    BalasHapus
  13. terimakasih atas jawabannya Kibagus... salam kenal dari Lombok ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ki bagus sy m tanya bentangan 5 meter bisa mengunakan balok trail kayu ukuran 5/10...

      Hapus
    2. Ki bagus sy m tanya bentangan 5 meter bisa mengunakan balok trail kayu ukuran 5/10...

      Hapus
  14. @ochen...! sama sama..!
    smoga bermanfaat...! salam..!

    BalasHapus
  15. It's quite an interesting one. This is my first visit here and i am really inspired with your blog. I love the concept you have raised here, we feel to read it. hosting services

    BalasHapus
  16. @Zita... thanks you !.! I hope you enjoy it..!

    BalasHapus
  17. makasih kibagus, numpang copas ya,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan ...
      semoga bermanfaat...!

      Hapus
  18. mas saya mau tanya jika lebar rumah saya 6m kira kira tinggi kuda kuda yang ideal berapa apa 2m atau 2.m

    BalasHapus
  19. tergantung sudut kemiringan atap biasanya untuk aTAP GENTENG kemiringan minimal 30 derajat, tinggi kurang lebih 2 m

    BalasHapus
  20. Menurut anda, konstruksi kuda2 kayu pada bentangan 12m seperti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa dengan bentuk rangka disertai dengan perhitungan teknis yang tepat... ( disarankan menggunakan tenaga ahli )

      Hapus
  21. cara menghitung panjang kuda2 baja wf rumusnya gmna?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk panjang sesuai dengan bangunan yang direncanakan...
      dan untuk dimensi baja WF yang dibutuhkan disesuaikan dengan bentang dan pembebanan yang ada...
      makasih...!

      Hapus
  22. Terima kasih mengenai referensi nya mengenai bentuk kontruksi kuda kudanya

    Ide Tangga Beton Rumah Minimalis

    BalasHapus
    Balasan
    1. met pagi.... terimakasih kunjungannya...!
      semoga bermanfaat..!

      Hapus
  23. nice info. ijin copas

    BalasHapus
  24. mas, untuk lebar (muka) 15m. panjang ke belakang 8m. referensinya menggunakan kolom & kuda kuda baja wf ukuran berapa ya ? *model gudang
    terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bentang 15m kuda2 wf minimal wf 150.75, maksimal wf 200.100. Tergantung beban jenis atap yg mau digunakan.

      Hapus
  25. ketinggian 4m mas, data susulan hehehe.... terima kasih

    BalasHapus
  26. Yg membutuhkan tenaga fabrikasi dan erection konstruksi baja bisa hubungi 081384092771, SUSEDI.

    BalasHapus
  27. Bagaimna cara menghitung sudut dan menentukan potongan petasan kuda2 dan juga bagaimana menentukan panjang 1 sisi kuda kuda jika bentangan gudang 18m.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk sudut disesuaikan dengan penutup atap : genteng/asbes/sirap/dll
      untuk genteng biasanya sudut 30-45 derajat.
      untuk menentukan panjang sisi dengan perhitungan sudut atau digambar dengan skala...
      bentang 18 ; panjang sisi sekitar 10.4 m ; sudut 30 ; belum termasuk panjang kayu yang terbuang )

      Hapus
  28. Salam kenal,
    Saya mempunyai rencana untuk membangun University church, secara sukarela dengan lebar 30 meter dan panjang 50 meter di pematang Siantar, Sumatra Utara.
    Dalam merencanakan struktur atap Baja dan Baja ringan, apakah perusahaan bapak bias membuatkan sturktur atap Baja dengan kuda-kuda atau rafter dengan panjang 15+1+.09= atau sama dengan hamper 17 meter. Untuk kedua sisi dengan dimensi 50 x 30 meter berapa banyak kuda-kuda atau rafter ukuran 17 meter dibutuhkan. Tinggi temnbok kiri kanan muaka belakang adalah 7 meter dengan tebal tembok 24 cm dan kolom pada setiap 3,5 meter, kalau seandainya perusahaan bapak membuatkan struktur atap dengan memakai atap Baja ringan, berapa taksiran biaya kasarnya.
    Atas bantuan bapak kami ucapkan terimakasih banyak.


    BalasHapus
  29. Thanks, buka jan lupa kunjungi buildingtechnique.blogspot.com

    BalasHapus
  30. Salam om bagus, saya mau tanya dong..
    Kira2 buat jarak setiap kuda2 itu berapa ya om? apa justru udah ada perhitungannya kalo bentang sekian mesti jarak antar kuda2 sekian?
    Mohon pencerahannya om buat tugas sekolah nih.. v(T^Tv)

    BalasHapus
  31. Om,saya mau tanya jika bentangan 20mt yang idealnya menggunakan besi wf berapa ya?mhon pencerahanya trima ksih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk bentang 20 m bisa memakai WF.200 - WF.250 ... tergantung jarak kuda kuda dan jenis/model atap/penutup atap yang dipakai..
      smoga bermanfaat...!

      Hapus
  32. maaf bos mahdi yg namanya double angel itu ap.klau brntangan 940.sbaiknya jarak web bawah atas itu brapa mksih bos mahdi

    BalasHapus
  33. Om permisi, sy numpang tanya, kira-kira untuk gudang lebar 40 meter. Untuk atap material spandek,refernsinya menggunakan baja WF ukuran brp ya? Trims.

    BalasHapus
  34. The window hosting supports the language of asp and is most prominent hosting application used widely. A Window Web Hosting is also the open source system for which the providers need not have to pay licensing fees and thus offers the service quality at constant and lowest price for their customers.
    Windowd Web Hosting

    BalasHapus
    Balasan
    1. The Cheap Unlimited Hosting has been largely dependent on web hosting claims to provide such services but not completely at transparent level. Essentially, the disk space and bandwidth is necessary for hosting the website.
      Cheap Unlimited Hosting

      Hapus
  35. Kalau bentangan 9M tinggi kuda-kuda kayunya berapa?

    BalasHapus
  36. Mo nanya boos,, bentangan 14 meter,kuda2 dari kayu,, sebaiknya bikinnya kayak apa bos,,mohon ilmunya bos, dlm bentuk gambar kayaknya lebih jelas bos,, sebelumnya makasih,
    (From,
    kulibangunan di samarinda)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oooh ya, kita rencana atapnya pakek seng bosss.

      Hapus
  37. Gan. Mau tnya kalau bentangan 8 meter apa perlu pakai tiang penyangga di tengah2?

    BalasHapus
  38. Selamat malam, jika saya ingin buat kandang burung ukuran p =2,5m L = 4m , T = 2,5m dengan baja ringan 0,55m apakah perlu membuat rangka zig zag untuk menopang seng? Jarak antar tulang panjang 1,25m dan jarak antara lebar 1m

    BalasHapus
  39. Siang pak,,setelah baca postungan bapak saya jadi ingin meminta bantuan untuk desing baja ringan dengan jarak 9m dan panjang 39m dengan sistym kuda2 mono,,bisa kita lanjut by phone atau WA

    BalasHapus
  40. Siang pak. Sy ingin membuat semacam panggung yg lebar bentangannya 5x5 meter dan tidak ada tiang d tengahnya dan menahan beban sèkitar 5 ton d atas nya. Kira2 hrs pakai wf berapa ya untuk tulangannya.?? Mhn bantuannya.trmks

    BalasHapus
  41. Siang pak. Sy ingin membuat semacam panggung yg lebar bentangannya 5x5 meter dan tidak ada tiang d tengahnya dan menahan beban sèkitar 5 ton d atas nya. Kira2 hrs pakai wf berapa ya untuk tulangannya.?? Mhn bantuannya.trmks

    BalasHapus
  42. Saya mau bikin gudang/bengkel dg bentang lebar 15 m panjang 16 m dan tidak ada tiang ditengahnya...atap pake seng,untuk rangka/Tulangan sebaiknya pakai baja yg ukuran berapa ya???mohon pencerahannya dan terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  43. Kuda2 cor/beton panjang 7m biar tidak perlu ada tiang di t3ngah g mn gan
    Tolng ilmunya

    BalasHapus
  44. untuk Kuda-Kuda Gabel Profil WF bentanganya berapa ya ?

    BalasHapus
  45. dan juga untuk Kuda-Kuda Baja Profil Siku bentanganya berapa ya ?

    BalasHapus
  46. Nice post. I have bookmarked you to check your new stuff. Thanks for sharing this useful information. Its really useful for us. please Visit:

    Baby tracker day by day

    BalasHapus
  47. Mohon info, kalp bentangan kuda kuda cor beton, dengan panjang 7 meter, dengan beban atas atap asbes, dan kayu usuk penyangga, serta plafon kayu, apakah perlu di pasang pilar penyangga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kuda2 cor penyanggan yg dimaksud adalah kolom tumpuan kuda2 itu sendiri...
      disarankan menggunakan tenaga ahli untuk menentukan ukuran dan pembesian kolom dan kuda2...

      Hapus
  48. At whatever point you associate the Epson printer on Windows 10 you will get a brief "Enter WPS Pin for epson Printer" . What is a wps pin In the event that you are utilizing a epson printer and attempting to introduce the printer on windows 10, at that point you may require a WPS Pin to interface the epson printer to a wireless connection. Since epson Printers use WPS innovation to associate with remote contraptions. WPS is the most recent innovation that is utilized by different gadgets to speak with one another. It encourages you to make a protected association between devices. WPS Pin is protected, secure and quicker than USB association

    BalasHapus
  49. Selamat pagi ka..
    Untuk bangunan bertingakat biasanya pke Kuda2 apa ya?..

    BalasHapus
Note :

. Komentar yang mengandung usur pornografi / sara / kekerasan akan dihapus.
. Terima kasih komentarnya...!
. Semoga bermanfaat...!

Aluminium,4,Amdal,15,Arsitektur,62,Bahan bangunan,8,Bangunan Air,2,budaya indonesia,26,Denah Rumah,22,Galeri,25,Green house,6,Info sekilas,27,Interior,1,Irigasi,2,Jembatan,3,K3 konstruksi,4,Konservasi tanah,5,Konstruksi,48,Konstruksi Beton,15,Konstruksi kayu,38,Kuda kuda Baja,1,Kuda kuda kayu,4,Kusen,4,Lingkungan,15,Masjid,10,Mebelair,2,Menu navigasi,3,Opini,13,Pemberdayaan Masyarakat,7,Pendidikan,3,Peraturan,31,Pondasi,4,Profil Kusen,4,Property,46,RAB,28,Rumah adat,21,S E O,7,Sambungan Kayu,30,Sertifikasi,12,sipil,53,SNI,22,Software,2,Tangga,3,Tips trik blogger,27,Undang undang,12,Wisata,2,
ltr
item
Home Design and Ideas: Bentuk konstruksi kuda kuda berdasar lebar bentang
Bentuk konstruksi kuda kuda berdasar lebar bentang
http://3.bp.blogspot.com/_peOxBvMDaa0/TSXkhxRkW1I/AAAAAAAAABs/qclhxmor284/s320/kuda%2Bkuda%2B3%2B-%2B4%2Bmeter.JPG
http://3.bp.blogspot.com/_peOxBvMDaa0/TSXkhxRkW1I/AAAAAAAAABs/qclhxmor284/s72-c/kuda%2Bkuda%2B3%2B-%2B4%2Bmeter.JPG
Home Design and Ideas
https://www.hdesignideas.com/2011/01/bentuk-konstruksi-kuda-kuda-berdasar.html
https://www.hdesignideas.com/
https://www.hdesignideas.com/
https://www.hdesignideas.com/2011/01/bentuk-konstruksi-kuda-kuda-berdasar.html
true
2215255630784927830
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content