Menu

Random Post

Bambu adalah bahan bangunan yang dapat diperbaharui dan banyak tersedia di Indonesia. Dari sekitar 1.250 jenis bambu di dunia, 140 jenis atau 11% nya adalah spesies asli Indonesia. di Indonesia sudah lama memanfaatkan bambu untuk bangunan rumah, perabotan, alat pertanian, kerajinan, alat musik, dan makanan. Namun, bambu belum menjadi prioritas pengembangan dan masih dilihat sebagai "bahan milik kaum miskin yang cepat rusak".
Bambu memiliki kekuatan yang dapat dipersaingkan dengan baja.
Karena kelenturan dan kekuatannya yang tinggi, struktur bambu juga merupakan bangunan tahan gempa.
Pada prinsipnya rumah bambu tahan gempa harus dibuat dengan ketentuan sebagai berikut :
  1. Mengunakan bambu yang sudah tua, sudah diawetkan dan dalam keadaan kering,
  2. Rumah bambu didirikan di atas tanah yang rata ( padat )
  3. Pondasi dan sloof (sloof diangker ke pondasi di setiap jarak 50-100 cm) mengelilingi denah rumah,
  4. Ujung bawah kolom bambu masuk sampai pondasi, diangker dan bagian dalam ujung bawah kolom diisi dengan tulangan dan mortar),
  5. Elemen dinding yang berhubungan dengan sloof atau kolom harus diangker di beberapa tempat,
  6. Di ujung atas kolom diberi balok ring yang mengitari denah bangunan, elemen dinding juga harus di angker dengan balok ring tersebut,
  7. Bila ada bukaan dinding seperti angin-angin, jendela dan pintu, harus diberi perkuatan di sekeliling bukaan tersebut,
  8. Pada setiap pertemuan bagian dinding dengan bagian dinding lainnya, harus ada kolom dan dinding diangker kolom tersebut,
  9. Rangka atap (kuda-kuda) bisa dikonstruksi dengan tumpuan sederhana (sendi-rol), di mana setiap dudukan rangka atap harus diletakkan pada posisinya, dan perlu diangker dengan kolom,
  10. Ikatan angin pada atap harus dipasang di setiap antar kuda-kuda. Ikatan angin ini dipasang pada bidang kemiringan atap di bawah penutup atap, dan pada bidang vertikal diantara dua kuda-kuda.
Kelebihan penggunaan bambu sebagai bahan bangunan :
  1. Bambu dikenal sebagai bahan bangunan yang dapat diperbarui
  2. Tidak perlu menggunakan tenaga terdidik,
  3. Cukup menggunakan alat-alat sederhana yang mudah didapat di sekitar kita,
  4. Cukup nyaman tinggal di dalam rumah bambu,
  5. Masa konstruksi sangat singkat,
  6. Biaya konstruksi murah.
Di samping kelebihan di atas, bangunan bambu mempunyai kekurangan antara lain :
  • Belum hilangnya konotasi di masyarakat bahwa bambu dikenal sebagai bahan bangunannya orang miskin,
  • Hampir tidak ada fasilitas kredit dari perbankan, karena kurang yakinnya pihak perbankan,
  • Belum ada standar nasional rumah bambu.
Keawetan bahan bangunan bambu adalah kombinasi dari pengawetan dan desain bangunan itu sendiri. Pengawetan melindungi bangunan bambu dari musuh biologis yakni kumbang bubuk, rayap dan jamur. Sedangkan desain bambu juga haruslah bersahabat dengan bahan bambu dan mampu melindungi bambu dari kelembaban, air hujan serta panas matahari terik yang dapat merusak fisik bambu.

Beberapa jenis bambu yang sering digunakan untuk bangunan bambu adalah:
  1. Bambu petung/betung. diameter yang dapat mencapai lebih dari 20 cm. Dapat tumbuh hingga lebih 25 meter. Bambu petung banyak digunakan untuk tiang atau penyangga bangunan. Juga sering di belah untuk keperluan reng/usuk bangunan. Bambu petung yang paling umum ada dua jenis yakni petung hijau dan petung hitam.
  2. Bambu hitam atau bambu wulung. Banyak tumbuh di jawa dan sumatra. dapat mencapai dimeter hingga 14 cm dan tinggi lebih dari 20 meter. Banyak digunakan sebagai bahan bangunan dan perabot bambu karena relatif lebih tahan terhadap hama.
  3. Bambu apus atau tali. banyak digunakan sebagai komponen atap dan dinding pada bangunan. Diameter antara 4 hingga 10 cm. Juga sangat cocok untuk mebel dan kerajinan tangan.



    sumber : Sahabat bambu

    23 comments:

    1. yahh mantap bener nih desain nya, itu semua dari bambukan , makasih banyak buat infonya salam kenal aja gan

      BalasHapus
    2. keren sekali nih informasinya , semoga makin suksesaja gan dengan ke krreatipan nya

      BalasHapus
    3. wiis mantap bener nih desain rumah dari bambunya, makasih banyak buat infonya

      BalasHapus
    4. salam kenal .
      wahh keren.keren .
      makasih buat infonya .

      BalasHapus
    5. rumah bambu akan tahan gempa selain itu bahan bakunya di jamin murah,pokoknya aman,terima kasih sharnya

      BalasHapus
    6. info yang keren dan menarik,,sangat membantu sekali,,makasih banyak kawan sukses slalu,,

      BalasHapus
    7. rumah bambu yang sederhana dan tahan gempa,,tapi sekarang malah jarang di buat,,padahal kan banyak manfaatnya,,

      BalasHapus
    8. Bagus ki rumah bambunya, rancangan kibagus ya ? aku juga kepikiran pengen rumah bambu buat istirahat.. dengan interiornya yang serba bambu kayaknya asyik tuh

      aku malah suka ki kalo rumah yang terkesan alami seperti rumah bambu kayak gitu, soalnya rumahku sendiri sebagian dibiarkan tampak bata merahnya meskipun lantainya tetap di keramik dengan corak kayu... biar terasa seperti di perkampungan.. seperti ada tungku perapian aku suka

      betul ki aku pernah nonton berita tapi lupa lagi di daerah mana, ketika ada gemba rumah bambu selamat dari gempa tetep berdiri

      BalasHapus
    9. @pjk hobi.. bener triz.. memang dengan mengunakan bahan alami akan bikin suasana rumah jadi nyaman, tapi yang terpenting adalah pemilihan material harus bener2 bagus..!

      BalasHapus
    10. wah..bagus sekali desain rumah dari bambunya...! terima kasih infonya.

      BalasHapus
    11. yapz betul banget nich...
      lebih nyaman dengan menggunajkan bahan alami,selain itu bisa lebih hemat biaya juga lho...

      BalasHapus
    12. wah bagus sekli nih desain rumah bambu'y, kliatan'y jg nyaman bgt selain bisa tahan dari gempa.
      thanks ya bwt info'y,,,

      BalasHapus
    13. wah desain yg kren nich,,,pha lg lebih menghemat bioaya dengan menggunakan bhan yg masih almi jg bisa tahan dari gempa.
      nice info'y

      BalasHapus
    14. wah menarik sekli nih desain'y,,,
      memang kliatan'y bisa than dri gempa dan bngunan'y ska kuat klw dri bambu tuh

      BalasHapus
    15. selain kuat dri gempa kliatn'y jg sangt nyaman sekli nih bngunan dri bambu'y,,,
      mntap deh ulsan'y,,,

      BalasHapus
    16. indah, sederhana & ekonomis pastinya.
      Apakah saya bisa minta bantuan untuk membangun satu rumah bambu ukuran 4x8mtr di daerah Bogor..?
      Sebelumnya saya ucapkan terima kasih
      Setyo Bagyo, Bogor - Jawa Barat
      setyobagyo817@gmail.com

      BalasHapus
    17. keren desain rumahnya..... klo pake bambu lebih murah biayanya...makasih buat infonya .

      BalasHapus
    18. @bimo ... makasih smoga bisa jadi inspirasi

      BalasHapus
    19. BETUL-BETUL RAJA DESAIN DECH...MANTEF BANGGG.

      BalasHapus
    20. estimasi nya bisa di lampirkan,berapa sih biaya dalam pembuatan rumah yg sederhana..

      BalasHapus
    21. @mushashi..
      makasih.. salam sukses..!
      untuk estimasi harga tergantung daerah masing2.. bisa memakai harga satuan m2 wilayah..
      biasanya itu adalah harga maksimal...!

      BalasHapus

     
    Top