Rumah Adat yang ada di Propinsi Sumatera Selatan

Warisan budaya yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, memang sangat banyak dan beragam.
Salah satu warisan budaya yang tidak boleh dilupakan oleh masing-masing Kabupaten  yang ada di Sumatera Selatan adalah Rumah Adat. Rumah adat merupakan bentuk budaya dan adat istiadat dari setiap kabupaten yang ada di Sumsel, maka dari itu generasi muda saat ini perlu mengetahui dan mengenal bentuk-bentuk dari rumah adat di setiap Kabupaten /Kota.

Pada umumnya, rumah adat di Indonesia adalah rumah panggung. Yang kemudian tradisi tersebut masih terus dilakukan pada rumah tinggal yang berada diperkampungan. Dengan bahan yang sederhana yaitu kayu, rumah itu didirikan.

Dahulu, Sebagian besar rumah di Sumatera Selatan adalah rumah panggung dan terbuat dari kayu. Kondisi tanah yang basah (rawa) maka desain rumah panggung merupakan suatu pemecahan yang tepat. Atau karena kondisi suhu lingkungan yang panas, bisa jadi desain rumah panggung memberi penghawaan ruang yang baik. Dan biasanya rumah-rumah tersebut memiliki bentuk dan desain yang sama.

Beberapa Rumah Adat yang ada di Propinsi Sumatera Selatan : 

rumah adat kabupaten banyuasin

rumah adat kabupaten lahat

rumah adat kota lubuklinggau

rumah adat kabupatenmusi rawas

rumah adat kota pagaralam

rumah pesirah kabupaten musi banyuasin

rumah pesirah kabupaten banyuasin

Rumah tradisional biasanya hanya dianggap sebagai rumah tua yang ketinggalan zaman , tapi ternyata rumah tradisional ini tidak kalah kegunaannya dengan rumah yang terbuat dari beton. Rumah tradisional ini memiliki keunikan tersendiri tidak hanya dari bentuk fisiknya tetapi dari cerita dan makna yang terkandung  pada setiap bagiannya.

Maka dari itu sebagai generasi muda kita harus tetap menjaga budaya yang masih ada di sekitar kita,  demi menjaga keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia.

sumber :
yandriekece.wordpress.com

About Home Design and Ideas

- Berbagi itu indah -

1 comments:

  1. Thanks infonya tentag rumah adat yang ada di Sumatera Selatan ya

    BalasHapus

Note :

Komentar yang mengandung usur pornografi / sara / kekerasan akan dihapus.
Terima kasih komentarnya...!
Semoga bermanfaat...!