Memahami Mutu Beton fc (Mpa) dan Mutu Beton K (kg/cm2)

Beton adalah bagian dari konstruksi yang dibuat dari campuran beberapa material sehingga mutunya akan banyak tergantung kondisi material pembentuk ataupun pada proses pembuatannya.
Untuk itu kualitas bahan dan proses pelaksanaannya harus dikendalikan agar dicapai hasil yang optimal.

Mutu Beton fc'
Beton dengan mufu fc' 25 menyatakan kekuatan tekan minimum adalah 25 MPa pada umur beton 28 hari, dengan menggunakan silinder beton diameter 15 cm, tinggi 30 cm.
Mengacu pada standar SNI 03-2847-2002 yang merujuk pada ACI (American Concrete Institute).
MPa = Mega Pascal ; 1 MPa = 1 N/mm2 = 10 kg/cm2.

Mutu Beton Karakteristik
Beton dengan mutu K-250 menyatakan kekuatan tekan karakteristik minimum adalah 250 kg/cm2 pada umur beton 28 hari, dengan menggunakan kubus beton ukuran 15x15x15 cm.
Mengacu pada PBI 71 yang merujuk pada standar eropa lama
.
Contoh : 
K. 400, kekuatan tekan beton = 400 kg/cm2, dengan benda uji kubus 15 x 15 x 15
F’c = 40 MPa = kekuatan tekan beton = 40 Mpa, dengan benda uji silinder diameter 15 cm tinggi 30 cm

Berikut tabel konversi dari mutu beton fc ke beton K.

tabel konversi mutu beton
note :
Nilai praktis untuk padanan mutu beton antara PBI dan SNI
  • Faktor konversi benda uji kubus ke silinder = 0,83
  • Konversi satuan Mpa ke kg/cm2 ; 1 MPa = 1 N/mm2 = 10 kg/cm2
atau 1 MPa = (100/9,81) kg/cm2 ; gravitasi = 9.81 m/s2
 ( jika ditetapkan secara khusus oleh Konsultan Desain )

Contoh : 

1 MPa = 1 N/mm2 = 10 kg/cm2

fc. 5 Mpa setara dengan = (5x10) / 0,83 = 50 / 0,83 = 60,24 kg/cm2
K. 100 kg/cm2 setara dengan = (100/10) x 0.83 = 10 x 0,83 = 8,3 Mpa
( cara praktis )

tabel diatas merupakan contoh yang bisa dijadikan sebagai acuan dalam menentukan mutu beton dalam pelaksanaan terkait dengan pemahaman antara Kualitas Beton dengan fc ( Mpa ) dan K ( kg/cm2 ).
Untuk mengetahui kepastian komposisi campuran dan kualitas yang diinginkan bisa dilakukan uji laboratorium Mix Design ( penyelidikan material ) serta melakukan slump tes

Penentuan nilai Fc’ bisa juga didasarkan pada hasil pengujian pada nilai fck yang didapat dari hasil uji tekan benda uji kubus bersisi 150 mm.
Dalam hal ini fc’ didapat dari perhitungan konversi berikut ini :
Fc’=(0,76+0,2 log (fck/15) fck
Atau perbandingan kedua benda uji ini, untuk kebutuhan praktis bisa diambil berkisar 0,83 (sebagaimana penjelasan diatas).

Contoh :
K.300 (kg/cm2) ------>  MPa. Dengan mengalikan 0,098 ==> fck = 300 x 0,098 = 29,4 MPa
( 1 kg/cm2 = 0.098 MPa )

Konversi K ke Fc sebagai berikut :

      Fc’=(0,76+0,2 log (fck/15) fck
 
     K 300 = 300 kg/cm2 = ............MPa ;
     1 MPa = (100/9,81) kg/cm2 ; gravitasi = 9.81 m/s2

     1. K.300 = 300 x 0,098 = 29,4 MPa
     2.
K.300 = (0,76 + (0,2xlog(29,4/15)))x29,4 = 24,06 MPa

terima kasih .. 
semoga bermanfaat ....

Komentar

  1. Bro, ini bermanfaat banget buat gw, thanks yah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bos dari mana nilai hasil fakto konversi 0,83 (dngan bnda iji silinder dimeter 15cm panjang 30 cm).....dan klo diameternya 14 cm panjang 15 cm berapakan nilai faktor konversinya bos....gimn cra hitungnya bos

      Hapus
    2. ini ada penelitiannya (faktor bentuk).
      kalo gk salah, hasil EMPIRIS

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. 0.83 adalah fakto bentuk kubus 15 cm. Angka ini didaptkan dri berbagai penelitian dan diambil angka secara empiris Ke silinder 30 15 cm. Sedangkan faktor silinder ke silinder lain ada lgi. Faktor perbedaan l/d (tinggia/diameter) ada juga. Jika l/d sama. Maka ada lagi faktor diameter. Terimkasih. Semoga dapat membantu.
      ILMUBETON.COM-MEMBAHAS SEMUA TENTANG BETON

      Hapus
  2. gan nilai Konversi didapat darimana ya,thanks?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beton dengan fc=30 Mpa memiliki kuat tekan lebih besar daripada beton K-300. Perbedaan itu terjadi karena terdapat perbedaan benda uji dan satuan ukuran yang digunakan untuk mendapatkan mutu tersebut.
      K-300 adalah kuat tekan karakteristik beton 300 kg/cm2 dengan benda uji kubus ukuran 15x15x15 cm.
      fc=30 Mpa adalah kuat tekan beton yang disyaratkan 30 Mpa atau 300 kg/cm2 dengan benda uji silinder.
      Cara mudah mengkonversi dari fc ke K adalah dengan membagi nilai fc dengan 0,083

      Penjelasannya adalah sebagai berikut :

      Konversi benda uji kubus ke silinder = 0,83
      Konversi satuan Mpa ke kg/cm2 = 10
      Jadi mutu beton fc=30 Mpa setara dengan = ( 30x10 ) / 0,83 = 361,45 kg/cm2

      Hapus
    2. Anonim9/16/2015

      Boleh tanya ya, Boss?! Kalau mutu beton G22, bila di konversi ke mutu beton K (karakteristik) cara perhitungannya, bagaimana?

      Hapus
    3. Bos saya mau tanya. .kalau mau diadakan penebalan jalan beton dengan tebal 2cm apakah bisa ya.. .Mutu beton k350...mohon infonya bagaimana caranya.. Trimaksih

      Hapus
    4. bisa...bisa hancuurrrrrr...wkwkw

      Hapus
  3. Artikrl yg luar biasa

    BalasHapus
  4. terima kasih referensinya mengenai mutu sebuah beton...

    Ide Tangga Beton Rumah Minimalis

    BalasHapus
  5. Faktor konversi satuan dari kg/cm2 ke MPa :

    1 MPa = 1 N/mm2
    1 kg = 9,81 N
    1 N/mm2 = (1/9,81) kg/mm2 = (100/9,81) kg/cm2

    1 MPa = (100 / 9,81) kg/cm2

    1 kg/cm2 = (9,81 / 100) MPa
    kok beda beda yo. yg bener yg mana mas broowww?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nilai praktis untuk padanan mutu beton antara PBI dan SNI
      Faktor konversi benda uji kubus ke silinder = 0,83
      Konversi satuan Mpa ke kg/cm2 ; 1 MPa = 1 N/mm2 = 10 kg/cm2

      atau 1 MPa = (100/9,81) kg/cm2 ; gravitasi = 9.81 m/s2
      ( jika ditetapkan secara khusus oleh Konsultan Desain )

      Hapus
    2. PBI 0,83 itu darimana yah? Kok bisa 0,83. Knp tdk 0,yg lain"? Makasih gan. Mohon bantuan nya

      Hapus
    3. Maaf, saya bantu jawab.
      0.83 diambil dari rumus empirik beebagai macam penelitian.
      Telah dicoba untuk berbagai macam kondisi beton antara sampel kubus ke silinder ukuran 15 cm ke 15cm 30 cm menunjukkan konversi nya disekitaran 0.83. Sehingga diambil standard untuk konversi teesebut.
      ILMUBETON.COM-MEMBAHAS SEMUA TENTANG BETON

      Hapus
  6. Anonim3/24/2015

    Sebelumnya mohon maaf apabila ada kesalahan dalam koreksi atau share tentang ilmu.
    Dalam mengkonversi kuat tekan beton mengacu kepada keputusan dari konsultan perencana/owner akan menggunakan acuan analisa apa? Apakah PBI/SNI/SI/ACI.

    Yang mau saya share adalah acuan konversi analisa kuat beton dari silinder ke kubus (f'c ke K) versi SNI/SI (sumber: SNI T03-2847) dari yang sudah saya gunakan dan temukan
    a. Konversi kuat tekan beton dari "K" menjadi f'ck; fck = kuat tekan beton (dalam MPa)
    Langkah pertama rumah angka "K (kg/cm2)" menjadi MPa. Dengan mengalikan 0,098
    Langkah kedua angka pengalian diatas dijadikan acuan mutu "K" dan dimasukkan kedalam rumus sebagai berikut :
    " f'c = (0,76 + (0,2x log(K/15))) x K "

    Contoh. K 300 = 300 kg/cm2 = ............MPa
    step 1 : 300 x 0,098 = 29,4 MPa
    step 2 : (0,76 + (0,2xlog(29,4/15)))x29,4 = 24,06

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih .. share-nya...
      faktor 0.83 adalah faktor konversi untuk padanan mutu beton antara PBI dan SNI

      Hapus
    2. Nilai konversi 0,83 apa itu hanya berfungsi pada silinder diameter 15 cm dan panjang 30 cm saja kah....dan bagimana seandai diameter 14 cm panjng 15 cm...????terima kasih

      Hapus
    3. 0.83 adalah fakto bentuk kubus 15 cm. Ke silinder 30 15 cm. Sedangkan faktor silinder ke silinder lain ada lgi. Faktor perbedaan l/d ada juga. Jika l/d sama. Maka ada lagi faktor diameter. Terimkasih.
      ILMUBETON.COM-MEMBAHAS SEMUA TENTANG BETON

      Hapus
  7. Coba dong kalau beban/luas 500kn/225m2 =…kg/cm2

    BalasHapus
  8. konversi K ke Fc'
    K300 = (300/10) * 0.83 = 24.9 MPa. gtu ya mas bro? ada selisih sedikit mas bro.
    kalau salah mohon dikoreksi bro, baru belajar ni bro.mksh

    BalasHapus
  9. KOQ PUSING MEMAHAMINYA YA.....KALAU BETON DG K-400 BERAPA BEBAN ACTUAL DI JALAN YG SANGGUP DI PIKUL OLEH BETON TSB,,THANK,S

    BalasHapus
    Balasan
    1. K. 400, kekuatan tekan beton = 400 kg/cm2,
      dengan benda uji kubus 15 x 15 x 15

      Hapus
  10. infonya beranfaat buat yang baru mengenal beton

    BalasHapus
  11. halo brooo...gimana kabar lamo ta jumpo brooo...
    tanya bro, perbandingan campuran untuk mutu beton fc=15 Mpa berapa bro???

    BalasHapus
  12. rumus pendekatan konversi umur awal ke umur 28 hari itu apa ya? tx kenapa harus di umur 28 hari ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karna stelah 28 hari kekuatan beton tidak lagi bertambah
      walaupun bertmabah cuman tinggal dikit banget

      Hapus
  13. mas ini pakai yang no 1 apa no 2 ? aku bingung mohon penjekasannya

    1. K.300 = 300 x 0,098 = 29,4 MPa
    2. K.300 = (0,76 + (0,2xlog(29,4/15)))x29,4 = 24,06 MPa

    BalasHapus
  14. Permisi kak, maaf jika saya boleh bertanya, Mengenai rumus fck, apakah variabel K tersebut dikalikan atau dibagikan dengan 0.098? Karena, setelah melihat sebuah situs yang berhubung dengan topik tersebut, saya menjadi kebingungan.... Situs adalah yang sebagai berikut: http://kuliahsbb.weebly.com/uploads/2/5/5/3/25539878/tugas_sbb-1.pdf

    Terima kasih kak! :)

    BalasHapus
  15. untuk K 600 dengan benda uji silinder 10 x 20 perhitungan nya bagaimana bos

    BalasHapus
  16. Yang mau saya share adalah acuan konversi analisa kuat beton dari silinder ke kubus (f'c ke K) versi SNI/SI (sumber: SNI T03-2847) dari yang sudah saya gunakan dan temukan
    a. Konversi kuat tekan beton dari "K" menjadi f'ck; fck = kuat tekan beton (dalam MPa)
    Langkah pertama rumah angka "K (kg/cm2)" menjadi MPa. Dengan mengalikan 0,098
    Langkah kedua angka pengalian diatas dijadikan acuan mutu "K" dan dimasukkan kedalam rumus sebagai berikut :
    " f'c = (0,76 + (0,2x log(K/15))) x K "

    Contoh. K 300 = 300 kg/cm2 = ............MPa
    step 1 : 300 x 0,098 = 29,4 MPa
    step 2 : (0,76 + (0,2xlog(29,4/15)))x29,4 = 24,06




    Berati K300 = Fc 24,06 gtu ya mas...? kalau di cari Fc 24,06ny kok ngk dapet K300nya ya....jadi bingung ni mohon pencerahannya mas...

    BalasHapus
  17. Nyimak, banyak sekali yang udah paham
    NLP JAKARTA

    BalasHapus
  18. Terimakasih infonya sangat bermanfaat.
    http://www.arkostudioarsitek.com/

    BalasHapus
  19. Mohon infonya dong Untuk Beton Fs. 45 Setara sma K. barapa dan Fc brapa.??
    Mohon bantu penjelasan dan perhitungannya Tnks

    BalasHapus
  20. mw nanya untuk nilai konversi dr beton silinder ke kubus sebesar 0.83 apakah ada peraturan ( SNI) mengenai nilai konversi 0.83 tersebut????
    kalau ada mohon dikasi tau

    mohon balasannya ......
    makasih

    BalasHapus
  21. mau tanya
    1 kalau ada beton silinder Diameter 15 cm dengan tinggi 30 cm ,runtuh pada gaya tekan 50 ton. Mutu betonnya berapa ya?
    2. JIka beton silinder ukuran 20 cm x 20 cm x 20 cm diuji sampai runtuh gaya tekannya sebesar 60 ton. kuat tekan betonnya berapa?
    terimakasih ilmunya

    BalasHapus
  22. Bagus banget nih bro artikelnya...

    mutu sebuah beton memang benar-benar harus diperhatikan agar tidak terjadi gagal struktur pada saat pembangunan....

    Universal Testing Machine

    BalasHapus
  23. min.
    tolong di jawab ya.
    ini penting untuk masa depan petani.
    saya membuat beton K-400. untuk lanjatan/ajir tanaman.
    menggunakan paralon dgn diameter 8.255cm dan tinggi 280 cm. di bagian tengah saya beri besi 8mm.
    1. berapa Mpa-nya?
    2. berapa kekuatan patahnya?
    3. beban maksimal (kira2) yg dapat di tahan oleh 2 beton. (seperti jemuran, tiang di tanam di dua sudut lalu di beri kawat seling. ini akan mempengaruhi jarak tiang beton. seperti tiang pln)

    mohon dijawab gan. thank
    salam dari petani

    BalasHapus
    Balasan
    1. disarankan menggunakan tenaga ahli..
      karena untuk beton k-400 perlu dilakukan mixdesign untuk mengetahui komposisi campuran dengan material yg ada...
      makasih...
      smoga bermanfaat...!

      Hapus
  24. Mutu beton. Antara k dan fc. Antara pbi dan sni. Terjadi standard acuan berbeda. Kaum tua pbi dan kaum muda sni.


    ILMUBETON.COM-MEMBAHAS SEMUA TENTANG BETON

    BalasHapus
  25. jika ada yang butuh Polycarboxylate, untuk concrete admixture bisa menghubungi saya, sudah produksi sendiri di indonesia. 08118834577. terima kasih

    BalasHapus
  26. Saya punya target beton K-150, tapi benda uji berbentuk Cylinder 15x30, bagaimana mengetahui hasil tesnya jika loadnya 340 kn atau 36000 kg (dari compressive strength machine yang berbeda )

    BalasHapus
  27. untuk rumus ketika pada uji menunjukkan 375 terus rumus untuk mengetahui beton k- caranya gimna ya mas

    BalasHapus
  28. menarik sekali lengakp pembahasannya. kebetulan saya sedang mendalami tentang beton karena sedang usaha di bidang konstruksi juga. supplier beton cor dan pompa beton

    BalasHapus
  29. Admin mohon infonya, kalo kuat tekan umur 28 hari 27,093 kg/cm2 ituu dipake mutu berapa yaa? Mohon bantuanyaa soalnya buat acuan literatur skripsi min 🙏🏻🙏🏻🙏🏻
    Sama penjelasan konversinya

    BalasHapus
  30. Mau tanya mas, itukan konversi dari kubus ke silinder di kalikan 0,83. Nah kalau konversinya dari silinder ke kubus itu dikalikan berapa ya?
    Mohon penjelasan nya 😀

    BalasHapus
  31. Mau tanya mas kenapa kita hitung bahan bahan untuk sample silinder kita di kalikan dengan fator reduksi 1.2 Mix Desaing SNI

    BalasHapus
  32. Izin menambahkan informasi pak . .Untuk menghitung seluruh kebutuhan tersebut, diperlukan tabel berat besi yang memuat data diameter, panjang, berat per meter, berat per batang, hingga harga.

    Harga Besi Beton

    Tabel Berat Besi Beton

    Besi Hollow

    Besi Siku

    Besi WF

    BalasHapus
  33. Are you looking booking flights on delta, Delta Airlines Flights, delta tickets, Delta Reservations, Delta Plane Tickets, Cheap Delta Flights, Book Delta Flights, Delta Airlines Flight Booking, Delta Airlines cancellation policy any related query visit website or contact us.

    BalasHapus
  34. Start setting up your printer with 123.hp.com/setup
    . An ultimate guide on www.123.hp.com/setup and driver installation.

    BalasHapus
  35. Delta Airlines seat upgrade isn't as simple as it was. Simply call +1-877-311-7484 Delta reservations desk, or log on online to utilize delta free upgrade. SkyMiles may be used as a way to change a ticket that is refundable to first class, with the exception of the economy class ticket.

    BalasHapus
  36. Looking for Cheap Delta Flights prices on Delta Plane Tickets? You are come to the right place in USA. Book Delta Flights with Cheap Tickets to save big deals & discount. We’ll help you get the most out of any travel trip, starting. Delta Airlines Tickets Booking after all, time is money save and there’s no reason to spend either in order to get great prices and a great itinerary. Find what you want quickly and easily, and don’t settle for “less is more. you will always get more with Cheap delta Tickets visit website.

    BalasHapus
  37. Watch and Download world's famous Turkish action drama Kurulus Osman Season 3 in English on link below
    👇
    Kurulus Osman Season 3

    Kurulus Osman Season 3 Episode 1
    On link below
    Kurulus Osman Season 3 Episode 1

    Crypto trading course
    👇
    Crypto quantum leap

    YouTube course
    Be a professional YouTuber and start your carrier
    Tube Mastery and Monetization by matt


    Best product for tooth pain ,
    Cavity ,
    Tooth decay ,
    And other oral issues
    Need of every home
    With discount
    And digistore money back guarantee
    Steel Bite Pro
    ....

    BalasHapus
  38. https://www.anugerahlogamabadi.com/harga-triplek-12mm-surabaya/
    https://www.anugerahlogamabadi.com/semen-gresik-berkuwalita-terbaik/
    https://jualbesibetonsurabaya.com/2022/03/24/harga-triplek-15mm-semi-meranti/
    https://jualbesibetonsurabaya.com/2022/03/24/harga-triplek-15mm-semi-meranti-ntb/
    https://kapallct.com/harga-tarif-lct-baruwa-082131979853/
    https://kapallct.com/sewa-lct-tarakan-kalimatan-utarawa-082131979853/
    https://www.distributorpipamurah.com/
    https://www.alatberatmurah.com/
    https://ekspedisidisurabaya.com/jasa-ekspedisi-surabaya-sorong-terjangkau/
    https://ekspedisidisurabaya.com/ekspedisi-surabaya/

    BalasHapus
  39. Sangat infromatif sekali gan, apalagi buat yang masih bingung soal besi beton

    BalasHapus
  40. offer all types of online academic services, be it homework help, coursework help, case study help, thesis/research paper writing help and online exam help. i need someone to do my assignments now

    BalasHapus
  41. American Airlines Reservations are the best option for the people and you can reserve American airlines tickets Under the very affordable budget for the reservations. Reservations are no expensive thing for you once you're opting American flights.

    BalasHapus
  42. Thank you for writing a piece like this. It was both interesting and educational.
    I also like to recommend that your readers who frequently fly from one location to another visit Airflight Reservations, which offers the greatest rates to book your seat, and better baggage policy on Spirit Airlines Reservations. So hurry up and obtain the finest deals without having to browse many websites for specials.

    https://airflightreservations.com/spirit-airlines-baggage-policy/

    BalasHapus
  43. Design and essay are two different concepts, but they can be related. Design means creating and planning something for a specific purpose. An essay, on the other hand, is a written work that presents a structured argument or discusses a particular topic. In some cases, an essayEssay Samples On Disadvantages Of Learner Centered Curriculum may be related to design, such as a discussion of the importance of design in today's society, or an analysis of design principles over time.

    BalasHapus
  44. If you have a flight reservation with Delta and are unsure of how to cancel it, you must first be aware of Delta Airlines Cancellation Policy. Therefore, we answer all of your questions about the cancellation policy of Delta Airlines as well as other concerns about refunds and numerous other cancellation terms and restrictions here. Depending on the kind of ticket, the Delta cancellation policy will be in effect. These are the different ticket types:

    What is a 24-hour delta cancellation?
    The risk-free 24-hour cancellation period offered by Delta Airlines is applicable to all tickets bought directly from the airline. According to this regulation, a person can cancel flights within 24 hours without worrying about the type of fare and receive a full refund. Also take note that airlines also advise canceling before flying.

    The 24-hour delta cancellation policy has a few exclusions. This statement is not applicable to:

    partially flown tickets that have been reissued
    Tickets for Delta purchased from any travel agencies
    physical tickets
    What is the cancellation policy for Delta Airlines?
    By offering a COVID cancellation policy, Delta Airlines shows courteous behavior toward their consumers. This policy allows for the cancellation of any form of fare without incurring exorbitant costs. With certain additional incentives, Delta now offers customers more comfort during the COVID-19 travel period, which begins on 30 April 2021 and is extended through 31 December 2022 and beyond.

    Prior to April 30, 2021: bought a Delta airplane ticket while attending Covid, so:

    Prior to departure, you are free to cancel any ticket or flight, even in basic economy.
    The individual receives an eCredit after cancellation that is equal to the entire cost of your ticket.
    For a short time, a person will be allowed to book flights once more using eCredit for a year after the date of issuance.

    BalasHapus

Posting Komentar

Note :
. Komentar yang mengandung usur pornografi / sara / kekerasan akan dihapus.
. Terima kasih komentarnya...
. Semoga Bermanfaat...

Postingan populer dari blog ini

Menghitung Volume Besi per-m3 beton bertulang

Bagian bagian Atap Rangka Kayu untuk Rumah Tinggal Sederhana

Bentuk konstruksi kuda kuda berdasar lebar bentang

Berita terbaru